Selasa, 01 Februari 2011

JASON and THE ARGONAUTS


Kelahiran Jason

Aeson adalah raja sejati kota Iolcus.. tapi, saudaranya, Pelias, melakukan kudeta dan mengambil tahta Aeson.. semua keturunan Aeson dibunuhnya tetapi untuk alasan yang tidak jelas, Pelias membiarkan Aeson hidup dan memenjarakannya..

Ketika itu, istri Aeson sedang hamil tua.. anak yang dikandungnya bernama Jason.. Saat Jason lahir, Pelias hendak membunuhnya namun ibunda Jason ini berhasil menipu Pelias dengan mengumpulkan wanita-wanita pembantunya dan mengelilingi Jason yang sedang tertidur.. Ibunya dan pembantunya menangis meratap seakan-akan Jason lahir dalam keadaan mati..

Melihat itu Pelias merasa lega dan tidak jadi membunuh Jason karena menganggap jason sudah mati.. Ibunda Jason yang bernama Alcimede I, menitipkan Jason kepada centaur special penghuni Mount Pelion yang dikenal dengan nama Chiron (pelatih para hero)..


Di sana Jason dilatih oleh Chiron tentang ilmu tanaman, seni, berburu, ilmu beladiri dan berbagai kemampuan lain yang dibutuhkannya untuk meng-klaim kembali tahta yang semestinya menjadi miliknya..

Sementara itu, Pelias bertanya pada Oracle tentang masa depan kekuasaannya.. dan Oracle hanya mengingatkannya untuk berhati-hati pada orang asing ber-sandal sebelah.. karena ia akan digulingkan oleh orang bersandal sebelah itu..

Tugas Pertama

Dari puncak Olympus, Hera memendam kebencian terhadap Pelias yang kini menguasai Iolcus.. Hal ini disebabkan tingkah laku Iolcus yang menghormati semua Olympian, KECUALI Hera.. dan seperti yang kita maklumi bersama, Hera adalah Personifikasi wanita yang gampang cemburu.. -_- jadilah dia benci sama Pelias..


Hera melihat ada satu kesempatan untuk memberi pelajaran pada Pelias.. Yakni melalui Jason.. Namun sebelum memutuskan untuk membantu Jason dalam "Karir"nya meraih kembali tahta Iolcus, Hera ingin menguji sejauh mana kebaikan hati Jason.. karena untuk menjalankan rencananya Hera membutuhkan seorang Pahlawan sejati..

Ketika Jason sudah remaja, dan Chiron menceritakan tentang Pelias dan permasalahan Tahta Iolcus, Jason pun tersulut emosinya dan ingin segera mengambil hak-nya juga membebaskan ayahnya.. Akhirnya ia pamit dengan Chiron dan pergi menuju Iolcus untuk meng-klaim tahtanya..

di tengah perjalanan menuju Iolcus, ia bertemu dengan seorang nenek tua renta bangka (bayangin tuanya kyk apa).. Nenek ringkih itu ingin menyebrang sungai, namun arus sungai itu SANGAT DERAS cocok untuk main arung jeram.. Si Nenek meminta kepada Jason untuk menolongnya menyebrang..

Tanpa berpikir panjang, Jason langsung menggendong nenek itu menyeberangi sungai.. karena derasnya arus, maka copotlah sebelah sendal Jason, terbawa arus.. Belum lagi entah kenapa nenek yang digendongnya terasa sangat berat.. haha wajar aja karena nenek-nenek itu tidak lain tidak bukan adalah HERA yang sedang menguji kepahlawanan Jason..

ada yang bilang, Hera menunjukkan wujud aslinya sesampai di seberang sungai dan berjanji akan membantu Jason.. Ada juga yang bilang bahwa Jason gak pernah tau bahwa nenek2 itu adalah Hera..

anyway, perjalanan terus berlanjut sampai si Jason sampai ke kota Iolcus..

disana dia bertemu sama Pelias dan langsung tanpa basa-basi meminta haknya, Tahta Iolcus..

Pelias melihat Jason yang sandalnya tinggal sebelah dan teringat ramalan Oracle.. lalu dia pun pura-pura mengundang Jason ke acara makan bersama..

di acara itu, sambil santai Pelias bertanya.. "Ah jadi kamu menganggap dirimu pantas jadi raja?"

Jason mengangguk.

"Hmm, jadi kamu pasti bisa mengatasi jika ada masalah yang mendadak muncul.. begini misalnya, apa yang akan kamu lakukan untuk menyingkirkan seseorang yang menyusahkan kamu?" tanya Pelias.

Jason berpikir sejenak lalu berkata, "Aku akan menyuruhnya membawakan Golden Fleece (bulu domba emas) kepadaku!" Hera lah yang mengeluarkan kata-kata itu dari mulut Jason.

Pelias tersenyum, "Ah ide yang bagus.. Tugas yang sangat sulit.. tapi jika seseorang berhasil melakukannya, namanya akan abadi sepanjang masa.. hmm.. sekarang, coba kau lakukan itu! BAWAKAN GOLDEN FLEECE KEPADAKU!! karena menurut Oracle, Iolcus tidak akan makmur kecuali jika Golden Fleece telah dibawa kemari.. Buktikan dirimu pantas jadi raja, Jason!!"

Pelias pun bersumpah atas nama Zeus bahwa jika Jason berhasil, tahta akan ia serahkan padanya..

Jason menerima tantangan itu..


The Argonauts

Jason berusaha membayangkan situasi tugasnya ini.. Golden Fleece ada di daerah Colchis.. Digantungkan di dahan pohon milik Ares yang dijaga oleh seekor naga yang tidak pernah tidur.. belum lagi perjalanan kesana yang sangat jauh dan penuh rintangan.. diapun berpikir bahwa dia membutuhkan kapal yang sangat tangguh dan Kru yang tidak kalah kuat!

Hera meminta bantuan Athena untuk membuatkan kapal buat Jason.. Athena pun menolongnya.. ia membantu Argus si pembuat kapal dengan memberikan bahan kapal yakni Kayu dari Pohon Oak suci dari hutan di Dodona milik Zeus sebagai bahan rangka utama kapal.. Kayu suci itu dapat berbicara dan mengucapkan ramalan tentang masa depan..

Kemudian Jason pun melakukan Open Recruitment kru kapal.. dan yang mendaftar adalah figur-figur heroes yang sangat JAGO! seperti Heracles, Atalanta, Theseus, Orpheus, si kembar Castor dan Pollux, the Boreads (putra Boreas, angin utara, 2 orang pahlawan yang memiliki sayap), dan banyak lagi hero lainnya..


lalu setelah sekitar 50 orang kru terkumpul, berangkatlah kapal yang dinamakan Argo, atas nama pembuatnya Argus.. dan kru kapal yang hebat itu, disebut The Argonauts..
Perjalanan The Argonauts

Pulau Lemnos

Setelah berlayar beberapa lama, The Argonauts sampai ke sebuah pulau yang dikenal dengan nama Pulau Lemnos.. Terdapat kisah menyedihkan di pulau ini..
disana hanya tinggal penduduk wanita saja.. dan terus berkurang..

sejarahnya adalah, dulu penduduk wanita pulau lemnos ini meninggalkan beribadah kepada Aphrodite.. sang dewi kesal sehingga mengutuk seluruh wanita di pulau itu.. Bau badan mereka jadi sangat tidak tertahankan..

Suami-suami mereka pun akhirnya mencampakkan mereka dan "main" sama perempuan dari pulau lain..
Karena kesal, para wanita di pulau Lemnos pun membunuh suami mereka ketika mereka sedang tidur.. akhirnya mereka hidup tanpa laki-laki dipimpin oleh Ratu Hypsipyle..

Nah.. ketika para Argonauts datang.. mereka pun kimpoi dengan penghuni pulau.. dan melakukan repopulasi.. hahaha

satu2nya cowo yg gak ikutan adalah Heracles, yang merasa jijik dengan tingkah laku kru kapalnya.. Which is tumben, padahal Heracles terkenal sudah kimpoi sama banyak perempuan.. tp dia malah mengajak supaya Argo melanjutkan perjalanan..

perjalanan pun dilanjutkan.. tapi Jason sudah terlanjur kimpoi dengan sang Ratu.. menghasilkan 2 orang anak kembar..

Propontis

The Argo mendarat di daerah Propontis yang sedang diteror oleh raksasa bertangan enam.. Heracles berhasil mengalahkan raksasa itu lalu sang raja, Cyzicus, menyambut mereka dengan meriah bersama rakyat Propontis lainnya.. mereka diajak makan bersama, dan berpesta..

Kapal mereka pun langsung berlayar siang itu juga seusai makan.. namun, ternyata ada badai yang menghempas mereka sangat kuat, sehingga malam harinya, mereka kembali ke tempat yang sama di Propontis..

mengira kapal yang baru mendarat di malam hari itu adalah kapal bajak laut, rakyat propontis dan raja Cyzicus langsung menyerang The Argo.. peperangan pun tidak terelakkan.. The Argonauts yang kuat membunuh banyak sekali rakyat Propontis.. termasuk Raja Cyzicus.. Baru ketika fajar menyingsing, mereka sadar bahwa ini semua kesalahan..

setelah melakukan penguburan, The Argonauts pun kembali berlayar..

Mysia

The Argonauts sampai di daerah Mysia.. disana mereka mengumpulkan perbekalan.. membenarkan dayung yang rusak dan lainnya..

beberapa orang turun untuk mencari air minum dan makanan.. termasuk Hylas seorang pemuda tampan yang menjadi pelayan Heracles.. Sang pahlawan perkasa ini, "Mencintai" Hylas, semacam bromance gitu lah.. hubungan cinta antara dua orang cowok heteroseksual.. bukannya gay.. kyk George Clooney sama Brad Pitt.. haha

NAH karena si Hylas ini ganteng.. pas dia ngambil air di kolam yang ada di tengah hutan.. Nymph penjaga kolam itu jatuh cinta sama dia.. dan akhirnya membawa dia ke dasar kolam untuk dinikahi..


Heracles menolak untuk berangkat bersama Argonauts lainnya dan terus mencari Hylas yang dia sayangi.. tapi apa boleh buat.. Hylas sudah hilang selamanya.. Heracles pun kembali menjalankan tugas legendarisnya, dan meninggalkan The Argo..

Salmydessus

Mereka kemudian sampai di daerah Salmydessus, Thrace.. Disana ada seorang raja yang bernama Phineas.. Raja Phineas memiliki berkah dari Apollo untuk dapat melihat masa depan.. Namun karena terlalu banyak membocorkan rencana para dewa kepada manusia, ia akhirnya dihukum.. ia diberikan pilihan: "Tidak buta tapi hidup singkat" atau "Buta tapi berumur panjang".. Phineas memilih Buta agar dapat membocorkan lebih banyak kepada manusia, rahasia para dewa..

Zeus pun meletakkannya di Salmydessus.. di depan sebuah meja yang penuh berisi makanan.. Helios, Dewa Matahari yang marah karena Phineas lebih memilih hidup di dalam kegelapan dibandingkan hidup dibawah cahayanya, mengirimkan para Harpy untuk memastikan Phineas hanya makan secukupnya untuk hidup.. jika setiap ia hendak makan lebih, Para harpy akan merampas makanan itu..


Jason merasa kasihan pada Phineas, kemudian ketika harpy datang, para Boreads, Calais dan Zetes, mengejar mereka hingga tak kembali lagi..

sebagai rasa terimakasih, Phineas mengungkapkan cara untuk melewati Symplegades.. kemudian mereka berpisah..

Symplegades (The Clashing Rocks)


Tempat ini adalah semacam gerbang yang harus dilalui jika seseorang ingin menuju Colchis.. namun ini sangatlah berbahaya.. bentuk Symplegades adalah dua buah batu karang raksasa yang saling berhadapan yang akan saling bertabrakan jika ada yang melintas diantara keduanya, sehingga apapun yang melintas itu akan hancur tergencet..

Cara yang diberikan oleh Phineas adalah, mereka harus melepaskan seekor merpati.. jika merpati itu selamat, maka mereka harus mendayung sekuat tenaga melewati Symplegades.. tapi.. jika Merpati itu gagal dan mati terjepit, maka mereka memang ditakdirkan untuk gagal..

Jason melepaskan seekor merpati seperti yang diperintahkan oleh Phineas.. dan merpati itu terbang melewati Symplegades.. Kedua batu karang itu tiba-tiba menutup.. namun, ketika karang itu kembali terpisah, nampaklah burung merpati itu berhasil melewati Symplegades dengan selamat.. Hanya bulu ekornya yang sedikit rusak terjepit..

Para Argonaut langsung mendayung sekuat tenaga melewati Symplegades.. dan mereka berhasil.. ketika kedua karang itu mengatup, hanya hiasan belakang The Argo saja yang rusak..

dan setelah berapa lama.. mereka pun Sampai di Colchis.. 
TENTANG GOLDEN FLEECE

Jadii.. ada seorang raja di kota Orchomenos Yang bernama Athamas.. dia punya seorang istri.. Dewi Awan yang bernama Nephele.. Dia dan Nephele punya dua orang anak.. Phrixus yang cowo, Helle yg cewe..

Setelah beberapa lama menikah, Athamas merasa bosan dengan istrinya yang sekarang.. akhirnya ia menikahi wanita lain yang bernama Ino.. Istrinya yang kesal, langsung meninggalkan kota itu.. mendatangkan musim kering yang parah bagi kota itu..

Sementara itu, Ino memendam rasa cemburu pada Phrixus, karena ia yang nantinya akan menjadi pewaris tahta Athamas.. Akhirnya Ino menipu Athamas, dengan mengatakan bahwa Kekeringan ini hanya bisa dihentikan dengan mempersembahkan jiwa Phrixus pada para dewa.. Nephele yang mengetahui hal ini meminta bantuan pada Hermes..

Hermes membawakan seekor domba bersayap berbulu emas.. Nephele menyuruh kedua anaknya untuk menaiki domba itu dan domba 24 karat itu akan membawa mereka ke tempat yang aman..

Phrixus dan Helle pun naik, lalu domba itu terbang meninggalkan Orchomenos.. di tengah perjalanan, Helle bertingkah norak.. dia gak pegangan sama kakaknya.. malah sok2 kyk Titanic.. "KING OF THE WOOORRLD!!" lalu si domba belok.. dia hilang keseimbangan dan si Helle pun jatoh ke laut.. langsung tenggelem.. tempat dia jatoh dikasih nama Hellespont untuk menghormati kebodohannya..

kakaknya cuma bisa -_- dan melanjutkan perjalanan..


Domba itu akhirnya mendarat.. dan sampailah Phrixus di Colchis.. Disana, karena ternyata domba itu hasil ciptaan Poseidon, ia menyembelihnya dan mempersembahkannya untuk Poseidon.. ia menyerahkan Bulu Domba emas itu kepada raja Colchis, Aetes yang kemudian menggantungkannya di sebuah pohon yang dijaga oleh naga yang tidak pernah tidur..

begitulah sejarahnya.. sekarang mari kita kembali ke Jason dan para Argonauts yang baru mendarat di Colchis..

Tugas-tugas di Colchis

Sesampai di Colchis, jason segera menemui sang raja.. Aetes.. Jason bilang ke Aetes bahwa dia mau ngambil Golden Fleece dan membawanya ke Iolcus.. Aetes yang sudah menganggap bahwa Golden Fleece itu miliknya, enggan memberikannya dengan cuma-cuma.. Ia mau Jason melakukan tiga buah tantangan sebelum dirinya rela memberikan Golden Fleece itu..

Melihat tantangan yang diberikan, Jason jadi patah semangat.. Tapi Hera langsung mem-backupnya.. Hera menghampiri Aphrodite.. dan memintanya untuk membuat Putri Aetes, Medea, agar jatuh cinta kepada Jason..

Aphrodite setuju dan memerintahkan Eros untuk menembakkan panah asmara kepada Medea.. seperti biasa.. panahnya selalu manjur... Medea pun jatuh cinta kepada Jason..

tapi kenapa Hera melakukan itu? Ternyata hal ini disebabkan Medea adalah seorang Penyihir.. Pemuja Titan Hecate, titan sihir.. dan bantuan yang bisa diberikannya adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh Jason..

Karena Divine Intervention ini, ketika Medea melihat Jason pertama kali, dia langsung jatuh cinta pada Jason.. Medea menawarkan bantuannya asalkan jason mau bersumpah agar menjadi miliknya SELAMANYA!! Jason gak punya pilihan lain selain menyetujui.. Medea pun membantu Jason..
Tugas yang diberikan Raja Aetes merupakan satu paket tugas.. yang pertama, Jason diperintahkan untuk membajak sawah dengan menggunakan dua ekor Banteng yang kuku kakinya dari perunggu dan menyemburkan api (Khalkotauroi)..


setelah itu ia diberikan sekantong benih.. ia diperintahkan untuk menebar benih itu di tanah yang sudah dicangkul.. lalu "memanennya" dalam sehari..

Jason bergegas menjalankan tugasnya.. Medea menolongnya dengan memberikan sebuah salep yang setelah Jason oleskan ke seluruh tubuh, membuat tubuh Jason menjadi anti api.. Dengan mudah jason membajak sawah itu.. dan ketika ia hendak menaburkan benih, ia menyadari bahwa benih itu bentuknya sangat aneh.. saat benih itu ditaburkan, tiba-tiba setiap benih itu langsung tumbuh menjadi seorang prajurit ber-baju besi lengkap yang siap berperang..

ternyata benih itu adalah Gigi-gigi Naga.. Medea langsung memberitahu Jason apa yang harus ia lakukan..

Jason menimpuk salah satu prajurit benih itu dengan batu.. Prajurit yang ditimpuk, mengira prajurit disebelahnya lah yang menyerang, akhirnya semua prajurit itu saling serang satu sama lain, hingga tak satupun prajurit gigi naga itu tersisa..

sang raja hanya bisa:
baiklah.. kini tugas yang sulit.. Mengambil sendiri Golden Fleece dari tempatnya.. Naga yang menjaganya selalu melek tidak pernah tidur.. Naga itu milik Ares, jadi jangan dibunuh kalo gak mau memicu kemarahan sang dewa perang..

sekali lagi, Medea yang sangat praktis bagai Doraemon mengeluarkan sebuah ramuan yang sangat berguna! Ramuan Penidur!!
Jason menghampiri sang naga di malam hari.. dan disemprotkanlah ramuan itu ke muka sang naga.. tidurlah dia, lalu dengan mudah Golden Fleece pun diambil..

Ketika Jason mau bergegas pulang ke Iolcus, Medea minta diajak.. dan karena ia sudah bersumpah untuk jadi milik Medea selamanya, ia pun setuju.. tapi entah kenapa, medea mengajak adiknya, Apsyrtus..

Sang raja marah karena ia menganggap Jason menculik kedua anaknya.. maka dari itu, ketika The Argo mulai berlayar, sang raja mengejarnya bersama banyak armada kerajaan.. para Argonauts panik karena dengan kecepatan seperti ini pasti mereka akan tersusul..

disinilah Medea menunjukkan kegilaannya.. Ia langsung berdiri membawa adiknya dan sebilah pedang.. Ayahnya dari belakang melihat medea dan Apsyrtus..

Lalu tiba-tiba Medea menggorok leher adiknya.. darah terpancar kemana-mana.. bukan hanya itu, ia juga langsung memutilasi mayat Apsyrtus hingga potongan-potongan kecil.. kemudian potongan-potongan tubuh itu ia tebar di lautan di belakang kapal Argo..

Para Argonauts tetap mendayung sambil kebingungan dengan apa yang dilakukan Medea.. Sang raja dan pasukannya berhenti untuk mengumpulkan potongan jenazah Apsyrtus.. maka bebaslah Argo dari kejaran..

Medea yang bermandikan darah, menoleh dan tersenyum pada Jason.. seakan meminta pujian.. tapi Jason malah ilfeel..
PERJALANAN PULANG ARGONAUTS

CIRCE

Selepas dari perairan Colchis, para Argonauts masih merasa syok dengan kejadian pembunuhan yang dilakukan Medea.. Yah suasana jd awkward, semuanya diem2an, bete.. lalu tiba-tiba ada badai.. angin kencang.. The Argo pun terombang-ambing dalam badai itu..

Castor dan Pollux, maju ke anjungan kapal.. mereka berpegangan tangan dan berdoa kepada Zeus.. Lalu.. dari kayu rangka kapal Argo, terdengarlah sebuah suara yang mengatakan bahwa kapal ini dan kru-nya telah dikutuk oleh Zeus akibat perbuatan yang dilakukan oleh Medea.. Satu-satunya cara menghilangkan kutukan ini adalah Medea harus disucikan oleh seorang Nymph yang bernama Circe.. Kemudian datanglah Iris, Personifikasi Pelangi, yang oleh masyarakat yunani dianggap sebagai pembawa pesan para dewa, (selain Hermes)..

Iris memberitahukan tempat tinggal Circe kepada Calais dan Zetes (yg ngusir harpy), supaya argonauts dapat melanjutkan perjalanan..

Setelah beberapa lama, akhirnya para argonauts sampai di pulau yang dikatakan sebagai tempat tinggal Circe.. disana mereka melihat beberapa orang gadis memanggil-manggil.. namun di dekat para gadis itu ada hewan-hewan yang terus mengeluarkan suara seakan memperingatkan para argonauts..

Kru kapal mendayung terus hingga mereka berlabuh di pulau itu, tapi, tak ada satupun yang beranjak turun karena mereka memperhatikan hewan-hewan yang ada disana..

hewan-hewan itu menatap mereka dengan penuh kesedihan.. tiba-tiba Medea meloncat turun dari kapal.. dan dia memperingatkan.. "Kawan-kawanku!! jangan ada satupun dari kalian yang turun dari kapal! karena di pulau ini, setiap pria yang menginjakkan kaki disini, akan berubah menjadi hewan!"

Medea mengusir gadis-gadis yang tadi memanggil para kru, kemudian berjalan menuju rumah marmer yang ada di puncak bukit pulau itu..

Disana ia menemui Circe.. yang ternyata adalah sama-sama penyihir.. Ketika melihat mata Medea, Circe langsung mengetahui bahwa Medea adalah saudaranya, mereka berdua sama-sama keturunan Helios, dewa matahari..
Medea mengutarakan maksud kedatangannya, yakni untuk disucikan dari darah saudaranya yang ia bunuh.. Lalu circe mengajak Medea ke pantai, disana Circe berdoa kepada Zeus lalu memandikan Medea dengan air laut juga mencuci pakaian Medea yang berlumur darah..

Setelah ritual selesai, Medea bertanya kepada Circe tentang apa yang dilihat oleh Circe di masa depan kehidupan Medea.. Circe memang melihat masadepan Medea, namun ia menolak mengucapkannya.. akhirnya Medea kembali ke kapal dan bersama Argonauts melanjutkan perjalanan..

LIBYA

sudah Beberapa hari mereka berlayar, ketika tiba-tiba ombak tinggi membawa mereka ke sebuah pantai pasir.. mendamparkannya di pantai itu..ketika ombak itu menghilang, ternyata dibawah ombak yang tinggi itu adalah karang-karang tajam, sehingga tidak mungkin bagi The Argo untuk berlayar kembali ke lautan tanpa hancur terkoyak karang tajam itu.. dan setelah mereka perhatikan, yang ada disana bukanlah pasir pantai, melainkan sebuah gurun pasir yang sangat luas..

Para argonauts mulai putus asa.. Jason yang kepanasan dan kelelahan pun akhirnya tertidur dengan kepala yang ditutupi Golden Fleece..

Lalu jason merasakan ada yg menyentuh tangannya.. ia menoleh, ternyata ada tiga orang nymph dengan tubuh bersinar..

para nymph itu mengatakan bahwa the Argonauts tidak boleh menyerah.. Jason diperintahkan untuk mengikuti Kuda Poseidon dan para argonauts harus melakukan kepada The Argo sesuatu yang selama ini dilakukan oleh kapal tersebut kepada mereka..

Jason menyampaikan pesan ini kepada para Argonauts.. Lalu tiba-tiba, dari lautan muncullah segerombolan kuda.. kawanan kuda itu berlari melintasi Gurun.. dan akhirnya mereka paham tentang sesuatu yang harus mereka lakukan pada The Argo..

Selama ini, yang dilakukan kapal itu adalah membawa mereka di atasnya.. saat ini yang harus mereka lakukan adalah, memikul The Argo melintasi gurun pasir.. Karena kuda poseidon berasal dari lautan, maka pasti mereka akan kembali lagi ke lautan yang lain di seberang gurun, jadi yang harus mereka lakukan hanyalah mengikuti jejak kuda poseidon itu..

Perjalanan berat pun dimulai.. The Argonauts menggendong kapal mereka mengikuti jejak Kuda Poseidon.. Hingga mereka sampai pada suatu titik dimana jejak-jejak kuda poseidon itu tidak lagi nampak.. Para Argonauts meletakkan the Argo, kemudian Calais dan Zetes terbang ke angkasa.. Terus naik dan akhirnya melihat lautan di ujung sana.. mereka pun mengarahkan para argonauts untuk sampai ke perairan itu..

Setelah sampai disana.. mereka mengetahui bahwa danau itu merupakan wilayah kekuasaan Triton, Pembawa pesan lautan, anaknya Poseidon. tapi jangan salah sangka.. itu bukan danau kecil, tp kyk laut kaspia, danau yg gede banget sampe bisa dibilang laut..

nah, sebagai rasa syukur, mereka mendirikan altar untuk Triton, kemudian mereka sadar.. satu fakta yg penting..

MEREKA KEHAUSAN!!

air yang ada disana tinggal air asin.. tiba-tiba mereka mencium aroma tanaman lebat.. dan mereka mengasumsikan disana ada air yang bisa diminum juga.. lalu Orpheus memimpin mereka ke arah aroma itu berasal..

ditengah perjalanan, mereka melihat sosok raksasa yang menjulang tinggi.. Orpheus menerangkan bahwa itu adalah Atlas yang tengah menopang langit.. kemudian mereka meneruskan perjalanan ke arah asal aroma itu..

sampailah mereka ke sebuah wilayah yang ditumbuhi rumput hijau.. Orpheus mengetahui wilayah ini.. Taman yang dikelilingi pagar perak itu adalah Taman Hesperides.. taman tempat tumbuhnya pohon apel emas yang diberikan oleh Zeus sebagai hadiah untuk Hera (di versi lain, yang ngasih adalah Gaia sebagai hadiah pernikahan Zeus dan Hera).. Nama taman itu, diambil dari penjaga taman tersebut, yakni para Nymph Hesperides..



melihat para argonauts yang mendekat, para nymph itu langsung melingkarkan diri mereka bertiga mengelilingi pohon apel emas itu..

Orpheus mengatakan pada para Argonauts untuk stay calm, dan membiarkannya menyapa para nymph hesperides..

sebuah alunan musik yang sangat indah terdengar memenuhi udara, saat Orpheus melangkah masuk ke taman itu sambil memainkan Lira nya.. dengan syairnya Orpheus memberitahukan pada para nymph bahwa para argonauts ini adalah orang-orang pilihan dewa.. dan agar para nymph itu tidak perlu khawatir akan kedatangan mereka..

Para nymph itu mengerti, dan mereka langsung menghampiri para Orpheus sambil menangis.. mereka menyanyikan lagu duka..

mereka curhat bahwa sebenarnya tadinya ada seekor naga berkepala seratus yang ditugaskan Hera untuk membantu mereka menjaga pohon apel emas.. tetapi sekarang naga yang bernama Ladon itu telah tewas karena terkena anak panah yang telah dicelupkan kedalam darah Hydra yang beracun..

mereka cerita bahwa ada seorang manusia yang mengenakan kulit singa sebagai pakaian, datang dan membunuh Ladon dan mengambil apel emas.. da walaupun apel emas yang diambil itu telah dikembalikan, mereka jadi harus bekerja lebih keras untuk menjaga taman itu tanpa dibantu oleh Ladon..

Para argonauts langsung tahu siapa yang sedang dibicarakan oleh Nymph Hesperides ini.. tidak lain adalah Heracles!! pasti salah satu tugas yang harus ia kerjakan membuatnya harus mengunjungi taman ini..

kemudian para nymph itu bercerita bahwa ketika apel emas dari pohon itu diambil, maka aliran mata air di taman itupun berhenti.. tapi Heracles yang saat itu sedang kehausan langsung menghentakkan kakinya ke batu yang ada disana, memecahkan batu itu, dan darisana memancarlah mata air baru..

Para argonauts melihat mata air yang ditinggalkan Heracles dan langsung minum darisana berramai-ramai..

mereka meneriakkan pujian pada Heracles, karena walaupun ia tidak lagi bersama mereka, pahlawan itu telah menyelamatkan para Argonauts dari kehausan yang mematikan..

setelah puas minum, mereka pamit dan hendak kembali ke kapal.. tapi, tidak semua Argonauts berhasil sampai di kapal..

Masih ingat cerita tentang perseus yang terbang melintasi gurun dan saat itu darah dari leher medusa menetes disana dan menjadi ular?

nah, salah satu argonauts yang bernama Naupilus, digigit oleh salah satu ular dari darah medusa itu.. dan meninggal..

seusai mengubur Naupilus, mereka memulai berlayar kembali.. Orpheus memanjatkan doa kepada Triton yang menguasai laut itu..

tiba-tiba Triton muncul!!



dan dia menolong para argonauts dengan membimbing The Argo melalui berbagai perairan hingga akhirnya sampai ke laut lepas..
Pulau Para Siren

Jason dan Kru kapalnya mengarungi pesisir pantai, hingga mereka sampai di sebuah pulau karang kecil.. Disana terdapat tiga orang gadis cantik duduk di atas karang.. tiba-tiba terdengarlah sebuah nyanyian merdu.. yang menawan hati.. Para Argonauts tanpa sadar mendayung ke arah pulau karang itu..

Tapi Jason sadar, inilah para Siren yang diperingatkan oleh gurunya, Chiron, bahwa mereka tidak akan selamat jika mereka tidak mengajak Orpheus turut serta.. Menyadari bahaya dari nyanyian Siren yang tak tertahankan itu, Orpheus langsung memainkan liranya.. suaranya yang merdu, JAUH mengalahkan suara para Siren.. dan akhirnya Para argonauts berhasil menjauh.. hanya satu orang yang tidak dapat menahan diri, namanya adalah Butes, ia langsung melompat turun dari kapal begitu mendengar suara nyanyian Siren.. tapi Aphrodite yang menyukai pemuda itu, langsung menyelamatkannya..

Siren yang gagal menarik para Argonauts menuju kematian pun langsung terjun ke laut, karena mereka ditakdirkan untuk mati jika gagal menarik orang dengan lagunya..

Demikianlah para Argonauts selamat karena keindahan suara Orpheus.. sang musisi surga..

CRETE

Para argonauts sangat senang ketika akhirnya berhasil mencapai laut lepas.. Mereka terus berlayar ke arah Iolcus. Angin yang mendorong layar the Argo berhenti, dan sekali lagi mereka semua bersama-sama mendayung kapal.. Semalaman mereka mendayung, ketika pagi menjelang, Theseus berteriak, "PULAU CRETE!!!"

Para argonauts yang kelelahan setelah mendayung semalaman, sangat senang melihat daratan, dimana mereka berharap dapat mengisi perbekalan dan istirahat.. TAPI.. di pulau Crete ini ada seorang penjaga.. Namanya Talos.. Prajurit raksasa yang tubuhnya terbuat dari perunggu..


Talos ini, diciptakan oleh Hephaestus.. dan diberikan kepada raja Minos yang menguasai pulau Crete.. Menurut versi lain, Talos diciptakan untuk melindungi Europa, pacarnya Zeus.. anyway, si Talos setiap harinya selalu berlari mengelilingi pulau Crete 3 kali.. dan ia akan melemparkan batu besar kepada kapal yang mendekati Crete..

hal itulah yang dilakukannya kepada The Argo.. Sebuah batu besar ia lemparkan ketika kapal para pahlawan itu mendekat.. Para argonauts panik dan langsung menjauh hingga diluar jarak lempar Talos..

majulah Medea ke anjungan kapal.. Ia membacakan mantra dan mengutuk Talos sampai dia jadi mengamuk sendiri..

sebenarnya ada sebuah pembuluh darah yang tersambung dari leher sampai ke kaki Talos.. dan di mata kakinya terdapat semacam Pin yang menyegel pembuluh darah itu agar "darah" yang mengalir di dalamnya tidak keluar..

mengapa "darah"? karena cairan yang mengalir di dalam pembuluh darah Talos itu sebenarnya Timbal hitam..

baiklah.. kembali ke cerita.. Talos yang mengamuk akhirnya tanpa sengaja tersandung batu tajam dan pin yang menyegel pembuluh darahnya terlepas.. maka keluarlah cairan hitam dari mata kakinya.. mengosongkan pembuluh darah itu, dan Talos akhirnya jatuh ke lautan.. tenggelam..

setelah itu.. Para Argonauts mendarat dengan mudah, beristirahat dan mengumpulkan perbekalan..

Lalu mereka kembali berlayar.. dan setelah beberapa lama.. nampaklah Gunung Pelion, tempat Jason dibesarkan.. ini berarti Iolcus sudah dekat.. tetapi tiba-tiba.. para Argonauts mendengar suara berbisik.. The Argo berbicara, memperingatkan mereka untuk tidak mendarat di pelabuhan Iolcus..

Para Hero lain langsung berkata bahwa itu fine-fine aja.. masih ada kota lain untuk mendarat.. akhirnya mereka mendarat di Calydon.. Jason dan Medea berpisah dengan para Argonauts.. The Argo dilabuhkan di kota Corinth dimana Jason dan Medea akhirnya tinggal sementara..
Corinth

Di Corinth Jason mendapat kabar yang buruk.. Ayahnya dikabarkan telah mati bunuh diri karena mendengar gosip dari Pelias bahwa Jason telah gugur.. lalu ibunya juga menyusul karena kesedihannya ditinggal suami.. Sementara itu Pelias, merajai Iolcus dengan tangan baja, dan memiliki pasukan yang kuat..

sehingga akhirnya Jason tidak bisa langsung ke Iolcus untuk menunjukkan Golden Fleece..

Sementara itu di Corinth mereka berdua tinggal di istana.. Raja Creon yang menguasai Corinth saat itu sangat bangga menerima Jason sebagai tamunya.. namun ia juga takut kepada Medea, karena cerita pembunuhan Apsyrtus sudah sampai ke telinganya..

Jason sangat ingin kembali ke kotanya, ia ingin membalaskan dendam ayah ibunya pada Pelias, dan mengambil haknya sebagai raja.. namun kekuatan Pelias saat ini terlalu besar.. jika ia mengetahui tahtanya terancam, pasti Pelias akan memburu Jason sampai mati..

ditengah kegalauan ini tiba-tiba Medea menghampirinya sambil tersenyum..

"Jason, aku telah melakukan banyak hal untukmu.. dan yang ini pun pasti akan aku lakukan.." kata Medea sambil memegang pundak Jason. "Aku akan pergi ke Iolcus, dan dengan kekuatanku, aku akan membukakan jalan supaya kau bisa kembali ke tempat itu.."

Jason senang mendengar gagasan itu, akhirnya ia berkata, "Lakukanlah Medea! Gunakan mantra terkuatmu! Gunakan kutukan terdahsyatmu! Bantu aku, dan aku akan lebih mencintaimu.."

kata-kata manis Jason seperi menyiram minyak tanah ke api yang berkobar.. Medea langsung menyiapkan diri untuk keberangkatannya.. malam hari, Medea duduk sendiri di dalam kamar, menyanyikan mantra tiada henti sepanjang malam.. dan di kala pagi, Medea melihat hasil dari mantra yang dirapalnya..

sebuah kereta yang ditarik oleh seekor naga, tersedia di luar rumahnya.. Mantra pemanggilannya berhasil.. dan dengan menaiki kereta itu ia meluncur terbang.. Medea pergi ke berbagai tempat dimana tanaman-tanaman berkhasiat sihir tumbuh.. Gunung Ossa, Pelion, Thrys, Pindus dan Olympus semua didatangi.. Sungai Apidanus, Enipeus dan Peneus juga didatanginya untuk mengumpulkan bahan-bahan sihirnya..

lalu ia kembali ke Corinth, dan memulai memasak ramuan..

Jason melihat Medea yang pucat dan menyeramkan ketika kekuatan sihir mengelilingi gadis itu.. Ia hendak masuk ke kamar Medea namun gadis itu melarangnya masuk dengan kasar agar Jason tidak mengganggu proses pemasakan ramuan yang akan segera dimulai..

Jason menjauh.. dan ketika itu putri raja Corinth, Glauce, melintas.. Gadis itu sangat cantik di mata Jason.. Jauh dari ilmu sihir.. suci.. tidak seperi Medea..

Sementara itu.. Medea mencapai tahap akhir ramuannya.. Ia mengaduk kuali ramuannya dengan kayu dari pohon apel.. ketika diangkat dari dalam ramuan, kayu pengaduk itu telah berubah, ditumbuhi daun apel, dan di ujungnya tiba-tiba tumbuhlah satu buah apel segar.. Beberapa tetes ramuannya juga tumpah ke tanah, dan disana langsung tumbuh rumput hijau dan bunga yang indah..

Yang Medea buat adalah sebuah ramuan yang dipenuhi kekuatan kehidupan..

setelah selesai, ia menyimpan ramuan itu ke dalam botol, dan sisanya, ia tebarkan ke taman istana.. kemudian bersama naganya, ia berangkat menuju Iolcus..

Medea mendarat di dekat Iolcus, dimana disana terdapat sebuah kolam dengan air berwarna hitam pekat.. ia menanggalkan bajunya, dan mandi di dalam kolam itu.. tiba-tiba tubuhnya menjadi ringkih.. rambutnya yang tadinya indah, menjadi abu-abu.. keriput tumbuh dimana-mana.. sekarang dia nampak seperti penyihir jahat betulan..

Ia menyuruh naganya pergi.. melepaskan mantra pengikatnya.. kemudian berjalan kaki menuju Iolcus..

di dalam kota, ia langsung menuju Istana tempat Raja Pelias tinggal..
Ketika dihentikan oleh penjaga istana, ia langsung memberikan apel yang tumbuh dari ramuannya, untuk diberikan kepada Pelias..

Pelias melihat Apel yang indah itu langsung mengetahui bahwa apel itu memiliki khasiat yang dahsyat.. Pelias pun memanggil Medea ke hadapannya.. Medea memberitahu bahwa apel itu adalah apel Hesperides yang dapat memberikan kekuatan masa muda pada yang memakannya..

Pelias yang sudah tua, tidak menginginkan apapun selain kekuatan masa muda.. karena dengan itu, kekuasaannya akan lebih lama..

lalu Medea mengatakan bahwa dia punya ramuan yang bahkan khasiatnya lebih dahsyat dari apel itu.. Pelias agak ragu, mengapa kalau nenek-nenek itu punya ramuan sedahsyat itu, penampilannya masih tua renta?

Medea menjawab bahwa dirinya sudah menanggung banyak kesedihan dan penyesalan, sehingga bahkan ramuan terhebat pun tidak dapat mengembalikan masa mudanya.. Namun tetap saja Pelias meminta pembuktian..

Akhirnya medea menyetujui dan meminta pelias menyiapkan sebuah kuali besar yang muat untuk dimasuki seorang laki-laki.. lalu ia juga meminta Pelias menyiapkan hewan paling tua yang dapat ia temukan.. Medea akan kembali esok hari untuk melakukan pembuktian yang diminta..

Besoknya, Pelias sudah menyiapkan yang Medea perintahkan.. di sebelah kuali besar, ada seekor domba kurus dengan bulu yang rontok dimana-mana... mulailah Medea melakukan ritual.. ia mencampurkan ramuan yang ia buat ke dalam kuali.. kemudian bersama Pelias ia memasukkan domba tua itu ke dalam kuali.. domba itu pun tenggelam ke dalam air hijau di kuali..

Medea membacakan mantra sementara kuali itu mendidih mengglegak.. Lalu domba yang tadi muncul di permukaan kuali dan bersama Pelias, ia mengeluarkannya..

Domba itu kini sangat sehat, tanduknya kuat, bulunya tumbuh lebat dan hewan itu mengembik gembira..

Pelias sangat senang dengan reaksi ini dan membayangkan dirinya yang kembali kuat seperti masa mudanya.. Ia meminta medea untuk melakukan ritual yang sama untuknya..

Melihat ketidak sabaran Pelias ini, Medea jadi ingin lebih "mengerjainya".. Medea berkata bahwa ritual untuk manusia berbeda dengan hewan.. yang harus melakukannya adalah darahdagingnya sendiri.. kemudian Pelias memanggil putri-putrinya..

Medea mengajarkan cara melakukan ritual itu, tapi tidak memberikan cairan yang benar.. kemudian Medea pergi..

Ritual pun dilakukan, putri-putri Pelias menceburkan ayah mereka kedalam kuali yang berisi air mendidih itu.. Membacakan mantra dan menunggu.. namun setelah beberapa jam, ayah mereka tidak kunjung keluar.. dan ketika air kuali itu kering, nampaklah sosok ayah mereka yang sudah "matang"..

Kabar Kematian Pelias tersebar, dan kota pun jadi kacau.. sementara putri-putri Pelias hanya bisa meringkuk ketakutan di dekat jenazah ayah mereka..

Medea melangkah senang melewati kekacauan kota.. dan ia berteriak..

"PUTRA AESON, RAJA YANG SEBENARNYA, AKAN KEMBALI KE KOTA INI!!"

mendengar kabar ini, warga kota membentuk dewan tetua untuk menjaga pemerintahan sampai Jason datang..

Medea kembali ke kolam hitam dekat Iolcus, ia membangun altar untuk Hecate, lalu melakukan ritual.. Tubuhnya pun kembali seperti semula..

kemudian Medea memanggil naganya.. lalu kembali ke Corinth untuk menemui Jason..

Akhir Petualangan Jason

singkat cerita..

Jason akhirnya datang ke Iolcus, mengklaim tahtanya.. namun itu tidak lama, karena ia dikudeta oleh anaknya Pelias, dan terpaksa pindah ke Corinth.. disana ia menikahi Glauce..

Melihat ini Medea mengamuk!! ia mengungkit apa saja yang telah ia lakukan untuk Jason.. namun Jason malah berkata bahwa yang pantas menerima terimakasih adalah Aphrodite yang telah membuat Medea jatuh cinta pada Jason..
Karena dendam.. Medea memberikan hadiah kepada Glauce, sebuah Gaun yang telah dikutuk.. Ketika Glauce memakainya, tubuhnya terbakar dan Glauce pun tewas.. ayah Glauce ikut terbakar bersama putrinya ketika ia hendak menolong..

Medea juga membunuh dua orang putra hasil pernikahannya bersama Jason..
ketika Jason mencari Medea, ia telah pergi ke Kota Athena dengan bantuan Helios, kakeknya..

Jason merebut kembali kota Iolcus bersama temannya.. kemudian anaknya, Thessalus.. menjadi raja penerus Jason..

Karena pengkhianatan Jason pada Medea, para dewa murka.. Hera tidak lagi mendukungnya.. dan di masa tuanya, Jason berjalan sendiri di pantai, dan bersandar di bagian depan The Argo.. merenungi kehidupannya yang menyedihkan..

tiba-tiba kayu depan Argo runtuh, menimpa Jason dan langsung membunuhnya seketika.. 
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=223394151&postcount=843

Tidak ada komentar:

Posting Komentar