Selasa, 01 Februari 2011

HADES



Beliau adalah salah satu dari tiga besar Olympian, dialah yang paling tua diantara 3 besar itu (yang kedua poseidon, sedangkan Zeus Bungsu).. Namanya berarti The Unseen.. atau dia yang tak terlihat.. tergambar dari Hadiah yang diberikan oleh para Cyclopes kepadanya sebelum Titanomachy, yakni Helmet of Invisibility..

Setelah para Olympian memenangkan Titanomachy, maka Zeus, Poseidon, dan Hades pun mengadakan undian untuk menentukan wilayah kekuasaan..
Zeus mendapatkan Langit.. Poseidon mendapatkan Lautan.. dan Hades mendapatkan dunia bawah..

Kata "Hades" sendiri dalam budaya Yunani Kuno bisa menunjuk pada sang Dewa, atau bisa juga menunjuk pada Dunia Bawah itu sendiri.. jd misalnya ada orang meninggal, bisa dibilang "dia pindahan ke hades.." -_-

Hades merupakan penguasa mereka yang sudah mati.. Namun dia bukanlah dewa kematian.. kematian dalam mitologi yunani punya sosok sendiri, yakni Thanatos..

Hades digambarkan sebagai sosok yang pemurung.. yang menurut gw wajar karena dia tinggalnya sama arwah orang mati.. Hades merupakan dewa yang Tegas, menggambarkan "ketegasan" kematian.. Hades juga digambarkan sebagai Dewa yang penuh kekayaan.. karena dia ada di kedalaman bumi dimana logam2 berharga berasal..

Sebagai penguasa orang mati, menyebut namanya saja sudah membuat orang-orang Yunani kuno takut.. orang-orang segan menyebut sumpah dengan nama Hades.. dan persembahan pengorbanan yang dilakukan untuk Hades dan ratunya, berupa domba hitam, harus dilakukan dengan memalingkan muka..

berikutnya, mari saya ceritakan tentang aspek2 yang berhubungan dengan Hades..

DUNIA BAWAH

Okay, Yang dimaksud dunia bawah disini, atau Underworld, adalah dunia tempat orang-orang mati bersemayam..

di underworld terdapat beberapa bagian.. diantaranya Asphodel Meadow, Elysian Field dan Tartarus..

Elysian Field adalah tempat bagi jiwa-jiwa orang yang baik selama hidupnya.. semacam surganya lah..

Asphodel Meadow, adalah tempat jiwa2 yang balance.. gak baik gak jahat.. mreka jd hidup di tempat yang penuh bunga Asphodel.. dan hidup mereka sangat datar.. biasa-biasa aja..

sedangkan Tartarus adalah tempat siksaan bagi mereka yang berdosa.. titan-titan juga disimpan disini, diselipin di bagian dasarnya..

Underworld dipisahkan dengan dunia orang-orang hidup oleh lima buah sungai..

Sungai Acheron.. River of Woe.. sungai duka.. dari sungai tepi sungai inilah roh -roh orang yang meninggal menyebrang ke dalam underworld.. untuk menyeberang, roh-roh itu harus membayar satu obolus (koin yang diletakkan di mulut atau di mata jenazah yang dikuburkan secara layak, atau dikremasi) kepada Charon sang Ferryman..

Sungai Cocytus.. River of Lamentations yang artinya Sungai Ratapan.. di tepi sungai inilah orang2 yang tidak dimakamkan secara layak akan terus meratapi nasibnya karena tidak dapat meneruskan perjalanan menyeberangi sungai menuju Underworld..

Sungai Lethe.. River of Forgetfulness.. Para arwah meminum air dari sungai ini untuk melupakan kehidupannya di dunia fana..

Sungai Phlegethon.. River of Fire.. sungai Api yang menyatu dengan Acheron..

dan yang terakhir Sungai Styx.. sungai yang mungkin paling terkenal.. Styx berarti Kebencian.. dan sungai ini sering disebut sebagai River of Unbreakable Oath.. atau sungai sumpah tak terpatahkan.. hal ini karena Para dewa maupun manusia yang telah bersumpah atas nama sungai ini tidak boleh mengingkari sumpahnya, jika sumpah itu diingkari maka Zeus akan membuatnya meminum air dari sungai itu.. efeknya bagi manusia : mati.. bagi immortal: kehilangan suara untuk waktu yang lama.. ada gosip bahwa Alexander the Great meninggal karena diracuni dengan air sungai styx.. yah namanya juga legenda..

di ujung sungai.. terdapat pintu masuk ke Underworld, berupa gerbang Adamantinum.. Gerbang itu dijaga oleh Cerberus.. Anjing penjaga berkepala tiga dengan bulu punggung dan ekor berwujud ular.. Cerberus membiarkan siapapun masuk.. namun ia mencegah mereka yang ingin meninggalkan Underworld..


HADES & PERSEPHONE

Persephone adalah putri hasil pernikahan Zeus dan Demeter (dewi bumi).. dikatakan bahwa Persephone sangat cantik, hingga Hermes, Ares dan dewa-dewa lainnya ingin menikahinya.. tetapi ibunya sangat over-protective dan menolak semua lamaran itu lalu menyembunyikan Persephone..

Suatu hari.. Persephone sedang bermain di padang bunga bersama beberapa orang nymph.. tiba-tiba tanah retak.. darisana keluarlah Hades menunggang kereta kuda..


Hades kemudian langsung membawa Pesephone ke dunia bawah untuk dinikahi.. Para Nymph hanya bisa panik..

Demeter mencari-cari anaknya, ia tidak menemukannya dimanapun..

namun Helios, sang Titan Matahari, yang menyaksikan semuanya memberitahu kejadian penculikan itu pada Demeter..

Demeter pun menghampiri para nymph yang ada di TKP dengan marah.. Ia mengutuk mereka menjadi Siren.. Wanita bersayap burung yang terbang ke berbagai penjuru menyanyikan nama Persephone dengan indah, memancing orang-orang yang mendengarnya menuju kematian mereka..

Sang Dewi terus mencari anaknya.. kesedihannya membuat bumi sekarat.. ia tak lagi menjaga kesuburan tanah.. daun-daun berguguran.. tanaman-tanaman banyak yang mati.. dan musim dingin pun datang..

Tak kuat mendengar jeritan manusia yang sengsara akibat bumi yang sekarat, dan tekanan dari dewa-dewa lain, Zeus pun akhirnya memerintahkan Hades untuk mengembalikan Persephone kepada ibunya.

Tetapi, sebelum Hermes sampai untuk menjemput Persephone, Hades telah berhasil membuat Persephone memakan 6 butir biji delima.. dan berdasarkan aturan Takdir, orang yang telah memakan makanan dunia bawah, harus tinggal disana selamanya..

Tetapi, karena Persephone hanya memakan sebagian dari buah delima itu, maka hukum yang berlaku hanyalah bahwa persephone harus tinggal di dunia bawah selama satu bulan setiap tahunnya untuk setiap butir biji delima yang ia makan.. Persephone memakan 6 butir, maka ia harus tinggal di dunia bawah selama enam bulan setiap tahunnya..

Ketika Persephone kembali ke pelukan Ibunya, Demeter begitu senang, dan Bumi kembali hidup.. tanaman-tanaman tumbuh dimana-mana dan musim dingin pun berakhir..


legenda inilah yang menjadi asal muasal terjadinya 4 musim.. ketika Persephone harus tinggal di dunia bawah, Demeter merasa sedih dan kesepian sehingga bumi mulai mengering dan mendingin.. musim gugur dan musim dingin pun terjadi..

ketika Persephone kembali, maka musim semi pun datang..
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=202139559&postcount=645

Tidak ada komentar:

Posting Komentar