Selasa, 01 Februari 2011

APRHODITE, EROS AND PSYCHE



Ada beberapa cerita yang menceritakan tentang kelahiran Aphrodite.. namuun yang paling dominan adalah.. bahwa ketika Oranos (Uranus) dikudeta oleh Kronos.. Kronos mengebiri Oranos dan potongan alat kelaminnya dibuang ke laut..

pas anunya nyemplung ke laut, kan muncul busa tuh di lautnya.. nah dari busa itulah muncul sebuah kerang yang di dalamnya ada seorang dewi yang sangat cantik.. dewi kecantikan dan cinta.. Aphrodite..

Setelah kelahirannya itu, ketika Zeus berkuasa, ia membawa Aphrodite ke Olympus.. Namuun.. setelah dia memperhatikan lagi.. tiba-tiba zeus merasakan aroma Testosteron menjadi makin pekat di Olympus.. dan Zeus makin yakin begitu ngeliat mukanya Hermes, Ares, Dionysus, dll.. Yang kyk udh Gemas bgt sama Aphrodite.. (ngiler sambil jelalatan)

Zeus langsung memutuskan bahwa Aphrodite adalah ancaman bagi ketentraman Olympus.. Akhirnyaa dia memutuskan untuk menikahkan APhrodite kepada putranya.. Hephaestus.. Pandaibesi Olympus.. seorang dewa yang bermuka gak ganteng, dan kaki yang pincang..

beruntunglah si Hephaestus, tapi Aphrodite harus bersabar.. -_-

tapi walaupun si Hephaestus ini tampangnya gak seberapa, dia adalah suami yang sangat sayang istri dan suka bekerja keras.. Hephaestus sering memberikan berbagai hadiah yang super indah bagi Aphrodite, termasuk sebuah sabuk yang bernama Cestus.. Sabuk itu membuat siapapun yang memakainya menjadi sangat menarik bagi lawan jenisnya..

yah tapi harap maklum, karena Aphrodite memang cantik.. Dia gak mau tuh terjebak sama Hephaestus aja.. akhirnya selingkuhlah dia.. banyak yg diselingkuhin.. Ares, Poseidon, Dionysus, hermes dan beberapa mortal..

hmm.. tp yg paling hot adalah perselingkuhannya dengan Ares..

disini terlihat cerdasnya bangsa Yunani Kuno dalam penyusunan mitologi..

ARES yang merupakan dewa PERANG.. berselingkuh dengan APHRODITE yang notabene adalah dewi CINTA.. perang dan cinta.. haha

anak-anak mereka sangat kontradiktif.. Phobos (fear), Deimos (terror), Harmonia (harmony) dan Eros (intimate love)..

nah nah, suatu hari, si Hephaestus gemes sama tingkah laku istrinya yang selingkuh terus..

akhirnya dia menempa sebuah jaring yang terbuat dari rantai yang gak bisa putus.. lalu, pas Aphrodite dan Ares lagi "asik" di kasur, dijaringlah mereka berdua bagai banci..
trus hephaestus menyeret mereka berdua sekalian sama kasur-kasurnya ke hadapan para dewa di Olympus.. dia minta keadilan dari para dewa dan agar si ares dan aphrodite dihukum..

tapi malangnya para Olympian malah ngetawain Hephaestus.. mereka nganggep hephaestus cuma becanda.. akhirnya Hephaestus menyerah dan mulai menerima tingkah laku istrinya yang selingkuh mulu..

yah karena udh bawaan lahir Aphrodite sebagai dewi cinta untuk hobi bercinta dan menebarkan cinta kemana-mana.. haha

cuma 3 dewi yang gak terpengaruh sama kekuatan cinta aphrodite.. yakni Athena, Artemis, dan Hestia.. mrk bertiga tuh Virgin Goddess..

Suatu hari ada seorang raja yang memiliki 3 orang putri.. Putri bungsunya bernama PSYCHE (dibaca si-ke).. Psyche ini sangat cantik sampe-sampe di daerahnya orang-orang pada berenti menyembah Aphrodite dan mengangkat Psyche sebagai dewi kecantikan..

Nah Aphrodite langsung kesel ngeliat kelakuan orang2 disana.. tapi bukannya meng-azab daerah itu, dia langsung ke pusat permasalahannya.. yakni Psyche!

Aphrodite memanggil Eros, putranya, yang kalo di jaman sekarang lebih dikenal dengan nama Cupid.. Aphrodite menyuruh Eros untuk membuat Psyche jatuh cinta kepada lelaki terjelek di dunia.. Yah, karena udh terbiasa melakukan tugas seperti itu dari ibunya, Eros langsung aja jalan mencari Psyche...

Tetapi!! ketika Eros melihat Psyche, dia langsung terpesona sampai tidak sengaja ia menusuk tangannya sendiri dengan anak panah cinta yang tadinya mau ditembakkan ke Psyche.. Eros pun jatuh cinta kepada Psyche dan tidak jadi melakukan perintah Aphrodite..

setelah beberapa lama, Aphrodite yang terus memantau Psyche menyadari adanya suatu keganjilan.. Kenapa Psyche belum juga jatuh cinta pada siapapun?! akhirnya Aphrodite langsung turun tangan.. Ia mengutuk Psyche sehingga tidak ada seorangpun yang mau melamarnya..

beberapa tahun berlalu.. Tidak ada seorang pun yang datang melamar Psyche sementara usianya seharusnya dia sudah menikah.. Orangtua Psyche cemas dan membawa Psyche ke Oracle untuk diramal..

Eros membuat Oracle berkata bahwa Psyche tidak ditakdirkan untuk menikahi seorang mortal.. melainkan ia akan menikah dengan suatu makhluk yang tinggal di sebuah gunung, bahkan dewa-dewa pun takut kepada makhluk itu..

Psyche dan Orangtuanya bersedih, karena menyangka Psyche ditakdirkan untuk menikah dengan seekor monster.. Dan setelah perdebatan yang cukup panjang, Psyche akhirnya berhasil meyakinkan orangtuanya untuk merelakan putri bungsu mereka mengikuti jalan yang telah ditentukan oleh Sang Takdir..

Psyche meninggalkan tempat tinggalnya.. semua orang merasa sedih melepas kepergian Psyche, karena entah disebabkan oleh kecantikan fisiknya atau juga kebaikan hatinya, Psyche berhasil menjadi wanita yang dicintai oleh masyarakat sekitarnya..

Psyche berjalan menuju gunung yang dimaksud.. Ia terus berjalan sambil memberanikan diri.. namun karena ia tidak kuat menahan rasa takutnya, ia menitikkan air mata.. Zephyrus, sang Angin barat, melihat kesedihan Psyche.. dan ketika Psyche sampai di puncak gunung itu, ia dibawa turun oleh Zephyrus dengan halus ke sebuah lembah di sana..

di lembah itu Psyche melihat sebuah hutan yang indah.. Ia pun berjalan menembusnya, hingga ia sampai ke sebuah tanah lapang yang ditumbuhi rumput.. Di tengah tanah lapang itu, terdapat sebuah rumah indah yang nampak seperti istana..

Tiba-tiba terdengar sebuah suara yang mengatakan bahwa tempat itu dibangun untuk tempat tinggal Psyche dan disana ada banyak pelayan yang tidak terlihat untuk memenuhi kebutuhan Psyche.. Gadis cantik itu sangat gembira mendengarnya..

Di malam hari, lembah itu sangat gelap dan tidak ada cahaya samasekali.. tiba-tiba Psyche mendengar suara seorang laki-laki.. Suara itu terdengar halus dan ramah..

'Apa ini monster yang dibilang oracle?' pikirnya ragu.

Psyche dan Eros menghabiskan setiap malam bersama.
tetapi Psyche tidak bisa melihat wujud suaminya karena memang suasana sangat gelap gulita. Psyche pun memohon agar suaminya menampakkan diri di siang hari.. Namun dengan sedih suaminya terus menolak dengan berkata, "Jika kau melihat wujudku, maka saat itu juga kebahagiaan kita akan berakhir.."

Namun, seperti yang telah ditakdirkan oleh dewa-dewa kepada wanita pertama, yakni Pandora.. Psyche juga memiliki rasa ingin tahu yang sangat kuat.. dan siksaan rasa penasaran ini tidak bisa lagi dibendungnya sehingga ia meminta suaminya agar mengizinkan saudara2nya untuk mengunjunginya..
karena sebenarnya Psyche butuh tempat curhat..

Eros yang mendengar nada kerinduan di dalam suara Psyche langsung mengijinkan..

keesokan harinya Psyche menemui kakak2nya dan menceritakan tentang suaminya yang baik hati namun tidak mau dilihat..

Kakaknya memanas2i Psyche bahwa suaminya pasti seorang monster sehingga dia gak mau dilihat karena takut Psyche akan kabur.. Bahwa sebenarnya suaminya sedang menggemukkan Psyche untuk kemudian memakannya.. dan akhirnya menyuruh Psyche untuk membawa sebuah lentera minyak dan sebuah belati, kemudian melihat wujud suaminya ketika ia sedang tidur, dan kalau memang suaminya seekor monster, maka Psyche bisa langsung membunuhnya pakai belati..

Malam itu, Psyche benar-benar melakukan yang dikatakan oleh kakak2nya.. ia membawa sebuah lentera dan sebuah belati.. awalnya ia ragu, namun kata2 kakaknya terus terngiang dan ia pun menyalakan lentera..


Ketika cahaya lentera menyinari wajah suaminya, Ia langsung menyadari siapa yang selama ini bersamanya.. tidak lain adalah Eros sang dewa cinta.. Psyche pun makin mencintai Eros.. namun karena kaget melihat Eros, Psyche tidak sengaja menumpahkan minyak dari lenteranya ke badan Eros..

Eros langsung bangun dan begitu melihat istrinya yang membawa lentera, ia langsung marah.. kemudian terbang meninggalkan Psyche menangis sendirian menyesali perbuatannya..
Lama Psyche menunggu suaminya.. namun Eros tidak lagi datang.. Ia pun meninggalkan istananya dan menemui kakak2nya, menceritakan tentang kepergian suaminya, dan langsung pergi lagi menjelajahi yunani mencari keberadaan suaminya..

Sementara kakak2nya langsung naik ke puncak gunung di atas lembah tempat istana psyche berada, mereka melompat dan berharap Eros akan menyuruh Zephyrus untuk menjemput mereka dan berharap Eros mengawini mereka..
Namun Zephyrus tidak datang, dan mereka pun jatuh ke lembah.. Mati..

Psyche terus berjalan hingga ia memasuki Kuil Demeter.. Di dalam kuil itu terdapat banyak biji2an berhamparan sehingga kuil itu nampak ditinggalkan dan berantakan.. Sambil bersedih Psyche mengumpulkan biji-bijian yang terhampar dan mengaturnya sehingga nampak indah dan kuil itu tidak lagi berantakan..

Demeter melihat apa yang dilakukan Psyche.. Sang dewi pun berbicara padanya..

"Kau pantas mendapatkan kebahagiaan wahai gadis cantik.. Jika kau mencari Eros, maka sebaiknya kau menemui Ibunya, Aphrodite sang dewi kecantikan dan berdoa memohon maaf.."

Psyche sangat senang mendapat perhatian dari seorang Olympian, lalu ia segera menuju Kuil Aphrodite..

Disana Aphrodite yang masih kesal dengan Psyche menemuinya.. Gadis itu meminta maaf kepada Aphrodite.. Namun sang dewi berkata bahwa untuk menebus dosanya, ia harus berhasil melakukan tugas-tugas yang akan diberikan..


Psyche pun setuju..

Sebagai tugas pertama, Aphrodite telah menyiapkan setumpuk tinggi biji2an yang terdiri dari tiga jenis biji2an.. Psyche ditugaskan untuk memisahkan ketiga biji2an itu ke dalam tumpukan yang berbeda sebelum malam berakhir..

Dengan putus asa Psyche melakukan tugas yang mustahil itu.. tapi diam-diam, Eros membantunya.. Ia memerintahkan semut2 untuk menolong gadis yang ia cintai.. Dengan bantuan semut2, tugas mustahil itu pun akhirnya berhasil ia selesaikan sebelum pagi..

Aphrodite yang melihat keberhasilan Psyche menjadi sangat kesal.. Tugas berikutnya adalah, Psyche harus mengambil wol, dari domba-domba emas yang merumput di pinggir sungai..

Ketika Psyche menuju TKP, ia dihentikan oleh sekelompok nymph..

"Wahai gadis cantik! kamu jangan mendekati domba domba itu! mereka sangat ganas! yang perlu kamu lakukan hanyalah menunggu hingga siang hari ketika matahari bersinar terik.. mereka akan berteduh di bawah pohon itu.."

Psyche mengerti apa yang harus ia lakukan.. ia berterima kasih kepada para Nymph dan pergi mengamati para domba emas..

Ketika domba2 itu selesai berteduh.. wol emas mereka tersangkut di batang pohon dan semak-semak tempat mereka berteduh.. Psyche pun tinggal mengambil wol2 itu dari sana..

Sekali lagi Aphrodite makin kesal.. dan di tugas terakhir ia berkata:

"Karena kamu anakku, Eros, jadi nakal.. dia jadi gak nurut lagi.. aku sampe stress mikirinnya, dan kecantikanku berkurang!! Sekarang kamu harus pergi ke dunia bawah, temui Persephone dan mintakan kepadanya sedikit kecantikannya.." Aphrodite kemudian menyerahkan sebuah kotak hitam untuk menampung kecantikan Persephone..

Yang Psyche tau, bahwa tidak ada makhluk yang masih hidup yang bisa pergi ke Dunia bawah.. maka akhirnya dia menyiapkan diri untuk mati..

namun sebelum melompat dari sebuah tebing, Eros membisikinya.. memberitahunya cara untuk menuju dunia bawah.. ia membawa dua buah roti, dua buah koin drachma, dan eros memerintahkannya untuk tidak menolong dan bersentuhan dengan siapapun yang ada di dunia bawah.. selain itu Eros juga memperingatkannya untuk tidak membuka kotak yang diberikan aphrodite ketika kotak itu sudah berisi kecantikan Persephone..

Psyche menurut..

Ia mengikuti jalan yang ditunjukkan Eros.. Membayar Charon satu koin untuk mengantarnya ke Hades.. Melemparkan satu roti ke Cerberus sehingga ketiga kepala mereka berebutan..dan ia juga menolak berbagai permintaan yang diajukan oleh para arwah disana..

ia sampai ke hadapan Persephone, yang saat itu tersentuh dengan cinta Psyche pada Eros.. Ia memasukkan sedikit kecantikannya ke kotak yang Psyche bawa..

Gadis itu kembali membayar Charon untuk menyebrangkannya, dan memberikan satu roti lagi untuk cerberus.. namun sesampainya di dunia atas.. Psyche berpikir bahwa Aphrodite sebenarnya tidak memerlukan kecantikan yg ada di dalam kotak, justru ia sendiri yang memerlukannya.. karena skarang wajahnya tampang sangat lelah dan berantakan.. sehingga Psyche pun membuka kotak itu..


Ketika kotak itu terbuka, kecantikan Immortal terlalu kuat bagi seorang manusia biasa, sehingga Psyche langsung tertidur pingsan..

Eros mendatangi Psyche dan membangunkannya.. Eros memerintahkan Psyche untuk kembali ke kuil Aphrodite, menyelesaikan tugasnya.. Psyche minta maaf atas kenakalan yang ia lakukan dengan membuka kotak itu, dan langsung menuju kuil Aphrodite..

Sementara itu, Eros terbang dengan cepat ke Olympus.. menemui para dewa yang sedang berpesta..

Eros menceritakan kisahnya bersama Psyche, dan meminta Zeus untuk meredakan amarah ibundanya.. para dewa termasuk Zeus tersentuh oleh cerita Eros, sang raja para dewa memanggil Aphrodite dan menjelaskan duduk perkaranya.. lalu Aphrodite pun akhirnya memaafkan Psyche..

kemudian Zeus menyuruh Hermes untuk menjemput Psyche dan membawanya ke Olympus.. Sesampainya Psyche di Olympus, Zeus menawarkan segelas Ambrosia kepada Psyche.. dan ketika psyche meminumnya, ia pun menjadi Immortal..

kemudian Eros dan Psyche pun tidak trpisahkan lagi selamanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar