Selasa, 07 Agustus 2012

Pemberkatan Sekolah


IBADAT PEMBERKATAN


NYANYIAN PEMBUKA “DATANGLAH YA ROH MAHAKUDUS”
Uskup berdiri menghadap pintu utama gedung dan berdoa
Uskup   : Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus
Umat     : Amin
Uskup   : Utuslah Roh-Mu, maka semuanya akan diciptakan.
Umat     : Dan Engkau akan membaharui muka bumi.
Marilah berdoa:
Allah, Engkau mengajar hati umat beriman dengan penerangan Roh Kudus; semoga dengan bimbingan Roh itu juga kami memahami yang benar dan selalu menikmati penghiburan-Nya.Ya Allah, setiap hati terbuka bagimu dan setiap kehendak berbicara kepada-Mu, juga tak ada rahasia tersembunyi bagi-Mu. Kami mohon, bersihkanlah hati kami dengan curahan Roh Kudus agar kami dapat melangsungkan pemberkatan ini dengan layak, dan dengan demikian berkat-Mu mendatangkan keselamatan bagi umat-Mu. Ya Tuhan kami mohon semoga daya kekuatan-Mu mendahului tindakan kami dan bantuan-Mu menyertainya, agar segala doa dan pekerjaan kami bermula pada-Mu dan segala sesuatu yag telah kami mulai diselesaikan oleh-Mu. Dengan perantaraan Yesus Kristus, Putera-Mu yang hidup dan berkuasa bersama dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa.


LAGU ANTAR BACAAN
“LETAKKANLAH ALAS RUMAHMU”
Letakkanlah alas rumahmu, di atas perkasa wadas yang dalam.
Nyanyikanlah sabda Tuhanmu
Dengan ikhlas iman yang tak ‘kan tenggelam.

Letakkanlah alas rumahmu, di atas perkasa wadas yang dalam.
Nyanyikanlah sabda Tuhanmu
Dengan ikhlas iman yang tak ‘kan tenggelam.

Biar badai hujan deras melanda tangkai rumahmu,
Namun teguh ia berdiri di alasnya.

Letakkanlah alas rumahmu, di atas perkasa wadas yang dalam.
Nyanyikanlah sabda Tuhanmu
Dengan ikhlas iman yang tak ‘kan tenggelam.


BACAAN KITAB SUCI
Uskup   : Tuhan sertamu!
Umat     : Dan sertamu juga.
Uskup   : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Santo Lukas
Umat     : Dimuliakanlah Tuhan

Dua macam dasar
(Luk. 6:46-49)
Sekali peristiwa Yesus bersabda: “Mengapa kamu berseru kepada-Ku: ‘Tuhan, Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan?’ Setiap orang yang datang kepada-Ku dan mendengarkan perkataan-Ku serta melakukannya, Aku akan menyatakan kepadamu dengan siapa dia disamakan; ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah: orang itu menggali dalam-dalam dan meletakkan dasarnya di atas batu. Ketika datang air bah dan banjir melanda rumah itu, rumah itu tidak dapat digoyahkan, karena rumah itu kokoh dibangun. Akan tetapi barangsiapa mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukan-Nya, ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah di atas tanah tanpa dasar. Ketika banjir melandanya, rumah itu segera rubuh dan hebatlah kerusakannya.”
Demikianlah Injil Tuhan
Umat     : Terpujilah Kristus

PEMBERKATAN
Sebelum dilangsungkan acara pemberkatan dapat diadakan acara penyerahan kunci secara simbolis, sehingga pintu-pintu sekolah dapat dibuka. Lalu Uskup didampingi para pelayan liturgi dan pemimpin sekolah berdiri menghadap pintu utama gedung dan berdoa:

Uskup   :  Marilah berdoa: (diam sejenak)
Uskup   : Terpujilah nama Tuhan.
Umat     : Sekarang dan selama-lamanya.
Uskup   : Pertolongan kita atas nama Tuhan.
Umat     : Yang menjadikan langit dan bumi
Uskup   :  Tuhan kabulkanlah doa kami.
Umat     : Semoga seruanku sampai kepada-Mu
Uskup   : Tuhan sertamu
Umat     : Dan sertamu juga.
Uskup   : Marilah berdoa,
Allah, Bapa kami di surga, umat-Mu telah membangun gedung sekolah ini demi keluhuran nama-Mu. Kami mohon: kuduskanlah sekolah ini, enyahkanlah segala pengaruh si jahat daripadanya, agar di dalamnya nama-Mu diluhurkan dan hukum-hukum-Mu dipatuhi. Maka sudilah ya Tuhan memberkati gedung sekolah ini:

Demi nama Bapa + dan Putera dan Roh Kudus.

Ya Tuhan, kami mohon:
Semoga para malaikat-Mu yang kudus tinggal dalam rumah ini untuk melindungi semua penghuninya: para pengajar da para siswa/I serta para petugas lainnya. Semoga terdapat di sini damai serta kerukunan, kesehatan jasmani dan rohani, kesucian hati serta kejujuran, ketertiban, ketaatan, kegemaran belajar serta pengabdian, dan dalam segala-galanya semangat cintakasih yang merupakan perintah-Mu yang tertinggi.
Ya Allah, semoga berkat-Mu turun dan menetap atas tempat pendidikan ini. Curahkanlah ke tujuh anugerah Roh Kudus sebagai sumber kekuatan dan penghiburan bagi segenap penghuninya: para pengajar dan pelajar, juga bagi para orang-tua murid, serta semua saja yang ikut serta dalam menyelenggarakan karya luhur ini. Kami mohon semuanya ya Bapa di surga, dengan perantaraan Kristus, Tuhan kami.
Umat  :     Amin.

Sementara koor atau umat melagukan beberapa nyayian, Uskup dan para pelayan serta pimpinan sekolah berjalan keliling, mula-mula di luar kemudian di dalam ruang-ruang, sambil merecik dengan air suci. setelah kembali ke tempat semula, uskup memberkati salib mereciki dengan air suci dan mendupai.

PEMBERKATAN SALIB DAN PENEMPATANNYA
Uskup      :  Saudara-saudara terkasih, marilah berdoa:
Tuhan yang mahapengash dan penyayang, kami percaya bahwa Engkau hadir di segala tempat dan dekat pada umat-Mu. Kami mohon: berkatilah + (Imam mereciki salib dengan air suci) salib ini yang menandakan kehadiran-Mu di tengah-tengah mereka yang mengajar dan belajar di sini. Semoga tanda suci ini mengingatkan mereka akan karya penyelamatan oleh sengsara dan wafat Putera-Mu Yesus di salib. Semoga dengan salib ini Engkau melindungi rumah ini terhadap segala pengaruh si jahat. Moga-moga salib suci ini menjadi sumber kekuatan serta penghiburan dalam suka dan duka. Berilah agar dengan bantuan daya Roh Kudus-Mu bertumbuhlah di sini semangat pengabdian yang ikhlas serta kebebasan sejati. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.
Umat  :     Amin

Uskup kemudian menggantungkan salib pada tempat yang ditentukan, sambil berkata:
Uskup   :  Letakkanlah tanda keselamatan pada rumah ini, ya Tuhan; janganlah membiarkan semangat yang jahat masuk ke dalamnya: Demi nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
Umat     : Amin
Uskup   :  Dampingilah kami senantiasa ya Tuhan, Allah kami, dan dengan kasih karunia-Mu bantulah kami yang percaya akan perlindungan salib suci. Demi Kristus Pengantara kami.
Umat     : Amin

Uskup kemudian berdoa:

Uskup   : Tuhan Yesus Kristus, Engkau bersabda kepada murid-murid-Mu: dalam rumah mana pun kamu masuk, berilah salam dengan berkata: Damai atas rumah ini! Kami mohon semoga damai-Mu menetap dalam rumah ini. Lindungilah semua yang hidup dan bertugas di sini. Semoga para pengajar dipenuhi dengan roh pengetahuan, kebijaksanaan dan takwa kepada-Mu. Semoga para murid dipenuhi dengan rahmat-Mu, sehingga semua ajaran yang sehat dan bermanfaat diterimanya dengan akal yang cerdas, dan dicamkannya dalam hati serta diwujudkannya dalam perbuatan untuk memuliakan nama-Mu di atas segala-galanya. Engkau yang hidup dan berkuasa bersama Bapa dan Roh Kudus, sepanjang segala masa.

BERKAT DAN PENGUTUSAN
Uskup   : Tuhan sertamu.
Umat     : Dan sertamu juga.
Uskup   : Semoga berkat Allah yang mahakuasa Bapa +dan Putera dan Roh Kudus turun dan menetap atas rumah ini, atas semua penghuninya: para pengajar dan para pelajar, dan atas kita sekalian.
Umat     : Amin


NYANYIAN PENUTUP “SUNGGUHLAH INDAH RUMAHMU TUHAN”





MISA SYUKUR PEMBERKATAN SEKOLAH
NYANYIAN PEMBUKA

TANDA SALIB/SALAM
Uskup   : Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus
Umat     : Amin
Uskup   : Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus selalu bersamamu
Umat     : Dan bersama Roh-Mu


PENGANTAR


TOBAT
Uskup            : Saudara/I  marilah menyesali dan mengakui bahwa kita telah berdosa supaya layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.
Uskup/Umat  : Saya mengaku kepada Allah yang mahakuasa dan kepada Saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus dan kepada Saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah, Tuhan kita.
Uskup            :  Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan menghantar kita ke hidup yang kekal.
Umat              : Amin


KYRIE


GLORIA





DOA PEMBUKA
Uskup   : Marilah berdoa:
                Allah Bapa yang terkasih, Yesus Kristus Putera-Mu menyiapkan diri dengan sungguh untuk menjalankan tugas perutusan dari-Mu. Para murid Yesus juga belajar sebelum mereka diutus ke seluruh dunia. Kami mohon berkat dan bimbingan-Mu juga agar masa pembinaan dan pendidikan kami sungguh bisa membantu kami untuk bisa menciptakan lingkungan paguyuban sekolah yang dijiwai oleh semangat kebebabasan dan cinta kasih injili, mengembangkan dan memperdalam pengetahuan yang diperoleh mengenai dunia supaya akhirnya kehidupan dan manusia diterangi oleh iman yang menjadikan kami semua ragi keselamatan bagi masyarakat. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami.
Umat     :  Amin


LITURGI SABDA
BACAAN I

Pembacaan dari Kitab Yesaya ( Yes. 63:7-9)

Aku hendak menyebut-nyebut karya Tuhan yang masyur,
dan kebajikan yang besar kepada kaum Israel

Aku hendak menyebut-nyebut karya kasih setia Tuhan, karya Tuhan yang masyur, sesuai dengan segala yang dilakukan Tuhan kepada kita. Aku hendak menyebut-nyebut kebajikan yang besar yang dilakukan-Nya kepada kaum Israel sesuai dengan kasih sayang-Nya dan sesuai dengan kasih setia-Nya yang besar. Bukankah Allah berfirman: “Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang?” maka Allah menjadi juruselamat mereka dalam segala kesesakan mereka. Dia sendirilah yang menyelamatkan mereka, bukan seorang duta atau utusan! Dialah yang menebus mereka dalam kasih dan belaskasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong mereka sepanjang zaman dahulu kala. Demikianlah sabda Tuhan.
Umat    :   Syukur kepada Allah


LAGU PENGANTAR BACAAN

BACAAN INJIL  (Mat. 7:7-12)
Uskup   : Tuhan sertamu
Umat     : Dan sertamu juga
Uskup   : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius
Umat     : Dimuliakanlah Tuhan

Setiap orang yang meminta akan menerima

Dalam khotbah di bukit Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Mintalah maka kamu akan diberi; carilah maka kamu akan mendapat; ketuklah maka pintu akan dibuka bagimu. Karena setiap orang yang meminta akan menerima, setiap orang yang mencari akan mendapat, dan setiap orang yang mengetuk, baginya pintu dibukakan. Adakah seorang daripadamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti? Atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberikan yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya. Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.
Demikialah Injil Tuhan
Umat  : Terpujilah Kristus

HOMILI

CREDO (AKU PERCAYA)
Uskup    : Saudara sekalian, marilah menanggapi sabda Tuhan dengan mengucapkan Syahadat iman kita.
Umat     : Aku Percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa,
                Pencipta langit dan bumi;
                Dan akan Yesus Kristus, Putera-Nya yang tunggal, Tuhan kita,
                Yang dikandung dari Roh Kudus, Dilahirkan oleh Perawan Maria;
                Yang menderita sengsara dalam pemerintahan Pontius Pilatus
                disalibkan, wafat, dan dimakamkan;
                yang turun ke tempat penantian
                pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati;
                yang naik ke surga,
                duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa;
                dari situ Ia akan datang    
                mengadili orang yang hidup dan yang mati.
                Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang kudus,
                Persekutuan para kudus, Pengampunan dosa,
                Kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin
DOA PERMOHONAN

Doa umat dibawakan oleh seorang siswa. Diawali dengan seruan Uskup:

Uskup   :  Saudara-saudari. Marilah dengan segenap hati memanjatkan doa kepada Allah yang maha pengasih dan penyayang, yang dengan murah hati mendengarkan doa orang beriman.
Siswa    : Bagi Uskup Manado.
                Allah Bapa Mahabijaksana, kami mohon anugerahkalah kebijaksanaan kepada Uskup kami, Mgr. Josef Suwatan, MSC sebagai penangung-jawab utama pendidikan Katolik di keuskupan ini. Semoga kehadirannya sungguh menjadi berkat dan gambaran indah kehadiran Gereja yang mengajar. Berikanlah kesehatan dan kebahagiaan kepada-Nya dalam tugasnya sebagai guru iman yang mewartakan kasih dan kebaikan kepada umat-Mu. Kami mohon…
Umat     : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan
Siswa    : Bagi Yayasan Pendidikan Katolik keuskupan Manado
                Ya Bapa, semoga kehadiran persekolahan Katolik di keuskupan Manado sungguh bisa menghadirkan dan menghasilkan insan pendidikan yang handal, bertanggung-jawab, tulus hati, kritis, dan kreatif bagi pengembangan serta kemajuan Gereja dan masyarakat.  Kami mohon…
Umat     : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan
Siswa    : Bagi kelangsungan pendidikan di SMK Xaverius Manado
                Alah Bapa yang mahabaik, sertailah seluruh usaha baik untuk kemajuan sekolah kami, SMK Xaverius Manado. Mohon berkat-Mu untuk semua pihak yang terlibat dalam seluruh proses pendidikan, baik kepala sekolah, staf guru, karyawan, para siswa dan orang tua siswa. Semoga cahaya kasih dan kebenaran menerangi seluruh fungsionaris pendidikan yang ada agar sekolah ini boleh menjadi saksi kebenaran bagi dunia dan manusia. Kami mohon…
Umat     : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan
Siswa    : Bagi mereka yang belum bisa memperoleh pendidikan
                Allah Bapa kami, semoga cita-cita pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bisa menjangkau semua orang. Kiranya pendidikan itu bisa dirasakan oleh semua masyarakat dalam segala lapisan.  Kami mohon…
Umat     : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan
Uskup   : Allah Bapa kami memuji keagungan dan kebijaksanaan-Mu dalam peciptaan bumi dan manusia. Perkenankanlah kami mengambil bagian dari kebijaksanaan-Mu untuk menata hidup dan masyarakat  belajar dari Yesus Kristus Guru kebijaksanaan abadi, Tuhan dan Pengantara kami.
Umat     : Amin.


LITURGI EKARISTI

NYANYIAN PERSIAPAN PERSEMBAHAN
Kolekte dijalankan. Wakil siswa dan guru membawa persembahan roti dan anggur yang akan dikuduskan dalam Doa Syukur Agung menuju altar untuk diberikan kepada Uskup/imam. Uskup/imam kemudian memberikan berkat kepada wakil siswa dan guru yang membawa persembahan.

PENGUNJUKKAN BAHAN PERSEMBAHAN
Uskup berdiri di belakang altar, mengambil patena dengan roti di atasnya, lalu mengangkatnya sedikit sambil berdoa dengan suara lembut:
Uskup   :  Terpujilah Engkau, ya Tuhan, Allah semesta alam, sebab dari kemurahan-Mu kami menerima roti yang kami siapkan ini. Inilah hasil dari bumi dan dari usaha manusia yang bagi kami akan menjadi roti kehidupan.
Umat     :  Terpujilah Allah selama-lamanya.
Kemudian Uskup, Imam, atau diakon menuangkan anggur dan sedikit air ke dalam piala sambil berkata dengan suara lembut:
Uskup/Imam/Diakon  : Sebagaimana dilambangkan oleh percampuran air dan anggur ini, semoga kami boleh mengambil bagian dalam keallahan Kristus, yang telah berkenan menjadi manusia seperti kami.
Uskup mengambil piala berisi anggur, lalu mengangkatnya sedikit sambil berdoa dengan suara lembut.
Uskup   : Terpujilah Engkau, ya Tuhan, Allah semesta alam, sebab dari kemurahan-Mu kami menerima anggur yang kami siapkan ini. Inilah hasil dari pohon anggur dan dari usaha manusia yag bagi kami akan menjadi minuman rohani.
Umat     : Terpujilah Allah selama-lamanya.
Kemudian uskup membungkuk khidmat dan berdoa dengan suara lembut:

Uskup   : Dengan rendah hati dan tulus, kami menghadap kepada-Mu, ya Allah, Bapa kami. Terimalah kami, dan semoga persembahan yang kami siapkan ini berkenan pada-Mu.
Dilanjutkan dengan pendupaan bahan persembahan, salib dan altar. Uskup lalu membasuh tangan sambil berdoa dalam hati:
Uskup   : Ya Tuhan bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku dan sucikanlah aku dari dosaku.
Uskup   :  Berdoalah, saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
Umat     : Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.


DOA PERSEMBAHAN
Uskup   : Marilah berdoa
                Allah Bapa kami, dengan persembahan roti dan anggur ini kami bersyukur kepada-Mu atas Dia yang menghantar kami kepada kebijaksanaan, ialah Yesus Tuhan dan Guru kami.
Umat     : Amin


PREFASI
Uskup   : Tuhan bersamamu
Umat     : Dan bersama rohmu
Uskup   : Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan
Umat     : Sudah kami arahkan
Uskup   : Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita.
Umat     : Sudah layak dan sepantasnya.
Prefasi  : Prefasi Umum IV (Memuji Allah itu Suatu Anugerah) TPE 99
Uskup   : Sungguh layak dan sepantasnya,
ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa,
bahwa di mana pun juga
kami senantiasa bersyukur kepada-Mu.
Sebab sungguh merupakan kehormatan
bahwa kami boleh mengucap syukur kepada-Mu
sekalipun Engkau tidak memerlukan pujian kami.
Kami menyadari bahwa sembah bakti kami
Tidak menambah kemuliaan-Mu,
Namun sangat berguna bagi keselamatan kami,
Demi Kristus, Tuhan kami.
Maka pantaslah Tuhan kami itu
Dimuliakan dan diwartakan
Oleh segala ciptaan di surga dan di bumi
Bersama para malaikat dan malaikat agung
Yang tak henti-hentinya bernyanyi:


SANCTUS

DOA SYUKUR AGUNG III (TPE 135)

Uskup     :   Sungguh kuduslah Engkau ya Bapa. Segala ciptaan patut memuji Engkau. Sebab dengan pengantaraan Putera-Mu Tuhan kami Yesus Kristus, dan dengan daya kekuatan Roh Kudus, Engkau menghidupkan dan menguduskan segala sesuatu.
                   Tak henti-hentinya Engkau menghimpun umat-Mu, sehingga dari terbitnya matahari sampai terbenamnya di seluruh bumi dipersembahkan kurban yang murni untuk memuliakan nama-Mu.
Uskup/SI :   Maka kami mohon ya Bapa, sudilah menguduskan persembahan ini dengan Roh-Mu, agar menjadi Tubuh dan + Darah Putera-Mu terkasih, Tuhan kami Yesus Kristus, yang menghendaki kami merayakan misteri ini.
Uskup     :   Sebab pada malam Ia dikhianati, Yesus mengambil roti. Ia mengucap syukur dan memuji Dikau, memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, seraya berkata:

TERIMALAH DAN MAKANLAH:
INILAH TUBUH-KU YANG DISERAHKAN BAGIMU

                   Demikian pula, sesudah perjamuan, Yesus mengambil piala. Sekali lagi Ia mengucap syukur dan memuji Dikau, lalu memberikan piala itu kepada murid-murid-Nya seraya berkata:

TERIMALAH DAN MINUMLAH:
INILAH PIALA DARAH-KU,
DARAH PERJANJIAN BARU DAN KEKAL
YANG DITUMPAHKAN BAGIMU
DAN BAGI SEMUA ORANG
DEMI PENGAMPUNAN DOSA.
LAKUKANLAH INI UNTUK MENGENANGKAN DAKU.

Uskup     :   Setiap kali kita makan roti ini dan minum dari piala ini, kita menyatakan iman kita.
Umat       :   Wafat-Mu kami kenang, Ya Tuhan yang bangkit mulia. Datanglah, umat-Mu menanti penuh iman dan harapan.

Uskup/SI :   Bapa, kami mengenangkan sengsara Putera-Mu yang menyelamatkan, kebangkitan-Nya yang mengagumkan, dan kenaikan-Nya ke surga. Sambil mengharapkan kedatangan-Nya kembali, dengan penuh syukur kami mempersembahkan kepada-Mu kurban yang hidup dan kudus ini. Kami mohon, pandanglah persembahan Gereja-Mu ini dan indahkanlah Kurban yag telah mendamaikan kami dengan Dikau ini.
                   Kuatkanlah kami dengan Tubuh dan darah-Nya, penuhilah kami dengan Roh Kudus-Nya, agar kami sehati dan sejiwa dalam Kristus.
K1           :   Semoga kami disempurnakan oleh-Nya menjadi suatu persembahan abadi bagi-Mu, agar kami pantas mewarisi kebahagiaan surgawi, bersama para pilihan-Mu, terutama bersama Santa Perawan Maria, Bunda Allah, para rasul-Mu yang kudus dan para martir-Mu yang jaya, dan bersama semua orang kudus yang selalu mendampingi dan menolong kami.
                   Ya Bapa, semoga berkat kurban yang mendamaikan ini, damai sejahtera dan keselamatan semakin dirasakan di seluruh dunia.

K2           :   Kuatkanlah iman dan cinta kasih Gereja-Mu yang kini masih berziarah di bumi ini, bersama hamba-Mu, Paus kami Benediktus XVI, Uskup kami Mgr. Josef Suwatan, MSC, serta semua uskup, para imam, diakon, serta semua pelayan umat, dan seluruh umat kesayangan-Mu. Dengarkanlah doa-doa umat-Mu yang Engkau perkenankan berhimpun di sini. Demi kerahiman dan kasih setia-Mu, ya Bapa, persatukanlah semua anak-Mu di mana pun mereka berada.
                   Terimalah dengan rela ke dalam kerajaan-Mu: saudara-saudari kami dan semua orang yang  berkenan pada-Mu, yang telah beralih dari dunia ini.

Uskup     :   Kami berharap agar bersama mereka kami pun menikmati kemuliaan-Mu selama-lamanya dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
                   Sebab melalui Dialah Engkau melimpahkan segala yang baik kepada dunia.

Uskup/SI :   Dengan pengantaraan Kristus, bersama Dia dan dalam Dia, bagi-Mu, Allah Bapa yang mahakuasa, dalam persekutuan dengan Roh Kudus, segala hormat dan kemuliaan sepanjang segala masa.
Umat       :   Amin

BAPA KAMI
Uskup   : Atas petunjuk penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa.
Umat     : Bapa kami yang ada di surga
                Dimuliakanlah nama-Mu
                Datanglah kerajaan-Mu
                Jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga.
                Berilah kami rezeki pada hari ini,
                Dan ampunilah kesalahan kami,
                Seperti kami pun mengampuni
                Yang bersalah kepada kami.
                Dan janganlah masukkan kami
                Ke dalam pencobaan
                Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

Uskup   : Ya Bapa bebaskanlah kami dari segala yang jahat dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami supaya selalu bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram, sambil mengharapkan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
Umat     : Sebab Engkaulah raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.
Uskup   : Semoga percampuran Tubuh dan Darah Tuhan kita Yesus Kristus ini memberikan kehidupan abadi kepada kita semua yang akan menyambut-Nya.

AGNUS DEI

PERSIAPAN KOMUNI
Uskup   : Tuhan Yesus Kristus, Putera Allah yang hidup, karena taat kepada Bapa dan dalam kuasa Roh Kudus, Engkau telah menanggung kematian untuk menghidupkan dunia. Bebaskanlah aku dari segala kejahatan dan dosa berkat Tubuh dan Darah-Mu yang mahakudus ini. Semoga aku selalu setia pada perintah-perintah-Mu dan janganlah Engkau biarkan aku terpisah dari-Mu.
Uskup   : Ya Tuhan Yesus Kristus, semoga Tubuh dan Darah-Mu yang akan kusambut melindungi dan menyehatkan jiwa ragaku.
Uskup   :  Inilah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya.
Umat     :  Ya Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

DOA SESUDAH KOMUNI
Uskup   : Marilah berdoa,
                Allah Bapa, sumber segala pengharapan, dengarkanlah seruan umat-Mu dan berilah pengharapan terus-menerus kepada kami. Semoga Roh Yesus, Putera-Mu terkasih mempertemukan kami semua keluarga besar SMK St. Fransiskus Xaverius Manado, juga semua umat manusia dalam kebijaksanaan dan cinta-kasih, kerukunan dan kejujuran yang tahan zaman. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami.
Umat     : Amin

PENGUMUMAN

BERKAT
Uskup   : Tuhan bersamamu
Umat     : Dan bersama rohmu
Uskup   : Semoga saudara sekalian diberkati oleh Allah yang mahakuasa, (†) Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.
Umat     : Amin
Uskup   : Perayaan ekaristi sudah selesai.
Umat     : Syukur kepada Allah
Uskup   : Mari pergi, kita diutus.
Umat     : Amin

NYANYIAN PENUTUP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar