Selasa, 07 Agustus 2012

Tatacara Pelantikan DKP


TATA CARA PELANTIKAN DEWAN KEUANGAN DAN BENDAHARA
PAROKI ST. IGNATIUS MANADO
MINGGU, 11 DESEMBER 2011

I.    Pemanggilan calon pengurus oleh Pastor Paroki

II.   Sapaan kepada para calon pengurus oleh Pastor Paroki.

III.  Pembacaan SK Pengangkatan Pengurus oleh Pastor Paroki

IV. Janji Pengurus :

Imam :             Dalam rahmat dan penyelenggaraan Ilahi, dan atas nama Ibu Gereja yang kudus serta seluruh umat Allah yang hadir, izinkan saya mengajukan beberapa pertanyaan kepada seluruh calon pengurus ini:

               Berjanjikah Saudara-Saudari untuk memberi diri dalam pelayanan umat Allah dengan penuh rasa tanggung jawab, ikhlas dan jujur demi peningkatan iman umat dan sekaligus demi perkembangan dan pertumbuhan Gereja Kristus?
C. P.     : Ya, kami berjanji

Imam   : Berjanjikah Saudara-Saudari untuk menjiwai karya pelayananmu dengan semangat Kristus yang datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani dan mengurbankan diri demi keselamatan   semua orang?
C. P      : Dalam rahmat dan bantuan Allah, kami berjanji.

Imam   : Berjanjikah Saudara-Saudari untuk tetap setia pada Gembala Agung Kristus dalam ajaran iman dan kesusilaan dan relakah Saudara-Saudari untuk tetap bekerja sama dengan pastor paroki serta pembantu-pembantunya?
C. P      : Ya, kami berjanji.

Imam   : Berjanjikah Saudara-Saudari untuk tetap memelihara persekutuan umat Allah, serta selalu sehati sejiwa bersama umat yang dilayanimu, untuk menghindari perpecahan demi keutuhan Gereja Kristus yang satu, kudus, katolik dan apostolik?
C. P.     : Ya, kami berjanji.

Imam   : Marilah umat sekalian kita mendoakan saudara-saudari kita ini yang pada hari ini diangkat menjadi pengurus Dewan Keuangan dan Bendahara Paroki.

DOA PELANTIKAN (Imam mengulurkan tangan atas mereka yang akan dilantik)
Allah Bapa yang Mahakuasa dan Mahapenyayang,
Pandanglah dengan rela akan saudara-saudari, hamba-hamba-Mu yang mulai hari ini dipercayakan tugas sebagai pengurus Dewan Keuangan dan Bendahara Paroki. Dengan rendah hati kami mohon kepada-Mu; berkenanlah memberikan  bantuan-Mu kepada pelayan-pelayan umat-Mu ini. Semoga mereka dapat mengamalkan pengetahuan dan keahliannya untuk melaksanakan tugas pelayanan dengan tulus ikhlas dan jujur dalam membangun umat Allah.
Semoga semangat dan sikap keteladannya sebagai orang beriman, mengajak dan mengarahkan umat-Mu kepada keselamatan. Semoga pengabdian dan pelayanan mereka yang dilaksanakannya dengan penuh tanggungjawab dan kasih cinta mencerminkan pelayanan Yesus Kristus yang datang ke dunia ini bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani dan memberikan nyawanya demi tebusan untuk   semua orang.
Semoga mereka dianugerahkan semangat ketabahan dan kesabaran, kekuatan dan ketekunan di tengah pelayanan umat yang penuh tantangan.
Semoga Roh Kudus  turun melimpah atas hamba-hamba Tuhan ini sebagai sumber sukacita dalam tugas pelayanannya.
Allah yang Mahapengasih, dengarkanlah janji para pengurus  Dewan Keuangan dan Bendahara Paroki kami ini dan berkatilah niatnya yang luhur untuk mengabdi dan membangun umatMu di Paroki St. Ignatius ini. Amin.

Dan semoga Saudara-Saudari semua dibimbing, dikuatkan dan dilindungi oleh berkat Allah yang Mahakuasa     
Bapa, Putera dan Roh Kudus. Amin.

(Imam menyerahkan tanggungjawab secara simbolik, berupa SK kepada semua pengurus)

(Imam mereciki pengurus yang baru dilantik dengan air kudus dan sementara itu dinyanyikan lagu : “Jadilah Saksi Kristus”)

SAKSI KRISTUS
Sesudah dirimu diselamatkan, jadilah saksi Kristus.
Cahaya hatimu jadi terang, jadilah saksi Kristus.
Tujuan hidupmu jadi nyata, jadilah saksi Kristus.

Setelah dirimu kau tinggalkan, jadilah saksi Kristus.
Kehidupan baru kau dapatkan, jadilah saksi Kristus.
Api cinta Kristus kaukobarkan, jadilah saksi Kristus.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar