Senin, 17 September 2012

cca3


SOAL-SOAL CERDAS CERMAT PENGETAHUAN AGAMA (CCPA) (4)



I. Soal-soal Kitab Suci

1.       Siapakah nama raja Mesir yang menyuruh membunuh setiap anak laki-laki yang dilahirkan dari keturunan Ibrani?…….Raja Firaun (Kel.1:2).
2.       Siapakah nama salah satu  anak Harun yang memegang jabatan imam ketika Harun masih hidup?…. Eleazar  dan Itamar. (Bil.3:2).
3.       Injil Matius merupakan injil yang menempati urutan pertama dalam Kitab Perjanjian Baru dan merupakan injil yang memiliki Bab/fasal yang terbanyak diantara kedua injil sinoptik yang lain. Berapakah jumlah Bab/fasal yang terdapat dalam injil Matius? …….. (28 Bab/Fasal)
4.       Yohanes memberi kesaksian tentang dirinya kepada orang Yahudi dari Yerusalem: “Akulah suara orang yang berseru di padang gurun: luruskanlah jalan Tuhan!” Kesaksiannya itu, sama dengan yang telah dikatakan oleh seorang nabi. Siapakah nabi itu? . . . . . Yesaya (Yoh 1:23)
5.       Ke manakah raja Mesir menyuruh membuang setiap anak laki-laki yang dilahirkan dari keturunan orang-orang Ibrani …..ke Sungai Nil (Kel. 1:22).
6.       Siapakah nama kedua anak Harun yang meninggal di padang gurun  sinai?…..Nadab dan Abihu. (Bil.3:4).Di manakah Yohanes memberi kesaksian bahwa  ia tak layak membuka tali kasut Mesias? . . . . . . di Betania (Yoh 1:28).
7.       Ada  berapakah jumlah keturunan Abraham sampai Daud ? . . ..empat belas keturunan  (Mat 1:17). Apakah artinya nama “Musa”?……..Karena aku telah menariknya dari air. (Kel. 2:10).
8.       Sebutkan nama anak-anak Lewi?……Gerson, Kehat, dan Merari.(Bil.3:17).
9.       Dalam Matius 1:23, dikatakan bahwa “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel”. Apa yang dimaksudkan dengan “Imanuel”? (Allah menyertai kita).
10.    Yohanes Pembaptis membaptis orang di sungai Yordan. Di manakah letak sungai Yordan tersebut? . . . . di Betania (Yoh 1:28).
11.    Dalam perjalanan Saulus ke Damaskus, ia mengalami penampakkan dan akhirnya tiba di Damaskus. Setelah berpuasa 3 hari lamanya, siapakah orang kristen yang mengunjunginya?…. Ananias.17/2
12.    Dari keluarga manakah Musa berasal?………Keluarga Lewi (Kel. 2:1).
13.    Termasuk dalam puak manakah kaum Libni dan kaum Simei?……termasuk dalam Puak Gerson  ( Bil 3: 21).
14.    Dalam Matius 2:13-15, Malaikat Tuhan menampakkan diri kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: “Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibuNya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia”. Apa judul perikop di atas? (Penyingkiran ke Mesir)
15.    Seperti apakah Roh yang turun dari langit dan roh itu tinggal di atas Mesias? . . . seperti merpati (Yoh. 1:32).
16.    Ke manakah Musa melarikan diri ketika diketahui bahwa ia membunuh salah seorang dari keturunan Mesir untuk membela bangsanya yang ditindas?…..ke tanah Midian (Kel. 2:15).
17.    Ketika TUHAN menyuruh Musa mencatat keturunan orang-orang Lewi, terdapatlah apa yang dinamakan puak Gerson. Siapakah pemimpin Puak Gerson?….Elyasaf bin Lael (Bil 3:24)
18.    Setelah mendengar kematian Herodes, Yusuf, Maria dan anaknya pergi ke daerah Galilea dan menetap di sebuah kota. Apa nama kota itu?….. Nazaret  (Mat. 2:23).
19.    Ketika Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena, Maria berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani : “Rabuni”. Apakah artinya Rabuni?….Guru (Yoh.20:16).
20.    Siapakah nama isteri Musa?…..Rehuellah  Zipora (Kel. 2:21).
21.    Siapakah pemimpin tertinggi orang Lewi?….Eleazar (Bil 3:32)
22.    Siapakah nama ayah dari Andreas dan Simon Petrus murid Yesus ? . . . Yohanes (Yoh 1: 41, 42).
23.    “Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang?” (Mat 3:7). Kepada siapakah Yohanes Pembaptis mengalamatkan perkataan ini ketika ia sedang membabtis di sungai Yordan?……… (Orang Farisi dan orang Saduki).
24.    Siapakah nama mertua Musa?……Yitro (Kel. 3:1).
25.    Siapakah pemimpin Puak Merari dan kaum-kaumnya?…… Zuriel bin Abihail  ( Bil 3:35).
26.    Dalam Mat 3:11 Yohanes pembaptis berkata: Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan apa?……….. Api
27.    Apakah  julukan dari Simon Petrus? . . . . Kefas (Yoh 1:42)
28.    Siapakah nama anak laki-laki Musa yang namanya berarti “Aku telah menjadi seorang pendatang di negeri asing”?………Gersom (Kel. 2:22).
29.    Dimanakah Tuhan menetapkan ketetapan-ketetapan mengenai  Perayaan Paskah kepada Musa?… Di padang gurun Sinai ( Bil 9: 1)
30.    Ketika Yesus mendengar bahwa Yohanes telah ditangkap, Ia menyingkir ke Galilea dan diam di Kapernaum di tepi danau. Dengan demikian, genaplah apa yang difirmankan oleh nabi Yesaya. Di daerah mana Kapernaum ini berada?… (Daerah Zebulon dan Naftali).
31.    Dari manakah Filipus berasal? . . . . Betsaida (Yoh 1:44)
32.    Di manakah Musa mengalami penglihatan berupa penampakkan Malaekat Tuhan dalam rupa nyala api yang keluar dari semak duri, tetapi semak itu tidak terbakar?…..di gunung Horeb (Kel. 3:2).
33.    Tanda apakah yang diberikan Tuhan kepada orang Israel melalui Musa  dalam menuntun perjalanan mereka ?….Tiang Awan  (Bil 9:15)
34.    (Mat 8:14-17) Ketika Yesus berada di rumah Petrus, Ia melihat seorang ibu yang terbaring karena sakit demam. Yesus lalu memegang tangan perempuan itu dan lenyaplah demamnya. Ia pun bangun dan melayani Dia. Siapakah perempuan yang disembuhkan oleh Yesus di rumah Petrus? (Ibu mertua Petrus).
35.    Siapakah yang dilihat Yesus di bawah pohon ara, sebelum Filipus memanggilnya datang pada Yesus; dan ia dikatakan sebagai orang Israel sejati? . .  . ..  Natanael (Yoh 1:47
36.    Sebutkan salah satu mukjizat yang diperlihatkan TUHAN kepada Musa untuk meyakinkan Raja Mesir bahwa ia adalah utusan TUHAN?…..Tongkat menjadi ular / air menjadi darah / penyakit kusta di tangan yang menyerang Musa  dapat disembuhkan (Kel. 4:2-10).
37.    Selama perjalanan orang Israel berangkat dari gunung sinai dengan perantaraan tiang awan,dimanakah tempat tiang awal tersebut tidak lagi mengikuti orang Isreal?..Padang  gurun Paran (Bil 10:12)
38.    Dalam pesta nikah di Kana, berapakah tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat Yahudi? . . . . . 6 tempayan (Yoh 2:5
39.    Siapakah nama seorang pemungut cukai yang menjadi pengikut Yesus?………Matius (Mat. 9:9-13).
40.    Siapakah juru bicara Musa?……Harun (Kel. 4:14).
41.    Tongkat siapakah yang bertunas, mengeluarkan kuntum, mengembangkan bunga  dan berbuahkan buah badam ?…….. Tongkat Harun (Bil 17 : 8)
42.    Siapakah raja Yudea yang menggantikan raja Herodes?….Arkhelaus (Mat 2:22).
43.    Mukjizat pertama dibuat Yesus di mana?… . . . . . Kana (Yoh 2:11
44.    Setelah Gereja mulai diterima dalam negara, ada kecenderungan dimana Maharaja memandang dirinya sebagai kepala Gereja. Gejala atau kecenderungan ini diistilahkan sebagai……Caesaropapisme. (37/1)
45.    Siapakah Uskup dari kota Milano yang memberi kecaman pada tahun 390 bahwa Raja termasuk dalam Gereja, akan tetapi tidak menguasainya?……Ambrosius. (37/2)
46.    Siapakah nama ayah dan ibu Musa?……Amram dan Yokebed (Kel. 6:19).
47.    Dari keturunan siapakah Harun tersebut ?…… keturunan Lewi (Bil 17:8) 
48.    Di daerah manakah Yusuf dan Maria serta bayi Yesus tinggal setelah kembali  dari mesir?….Daerah Galilea (Mat 2:22)
49.    Siapakah seorang Farisi yang datang pada waktu malam pada Yesus, dan Yesus berkata bahwa seorang harus dilahirkan kembali supaya dapat melihat kerajaan Allah? . . . . . . . . Nikodemus (Yoh 3:1-3)
50.    Siapakah Imam dari sebuah paroki di kota Alexandria di Mesir, dia yang namanya dipakai untuk menyebut ajaran Arianisme?…..Arius. (38/2)
51.    Apakah yang disangkal dalam ajaran Arianisme?…..ke-Allah-an Yesus.(38/2
52.    Siapakah nama isteri Harun?…..Eliseba (Kel. 6:22).
53.    Dimanakah tongkat Harun tersebut disimpan ?……. Tabut Hukum ( Bil 17:10)
54.    Siapakah yang menyerukan “Bertobatlah sebab kerajaan sorga sudah dekat”?….Yohanes pembaptis (Mat  3:2)
55.    Apakah nama salah satu kota di Samaria dimana terdapat sumur Yakub tempat Yesus minta minum pada seorang perempuan Samaria? . . . . .  Sikhar (Yoh 4:5).
56.    Sebutkan dua orang yang diutus TUHAN untuk memerintah dengan perkataan”Bawalah orang Israel keluar dari tanah Mesir menurut pasukan mereka”?……Harun dan Musa (Kel. 6:25).
57.    Kepada siapakah Tuhan berfirman  bahwa ia dan anak-anaknya serta seluruh sukunya harus menanggung akibat setiap kesalahan terhadap  tempat kudus?. . . . . . Harun (Bil 18:1).
58.    Dimanakah Yohanis Pembaptis ketika ia menyerukan “Bertobatlah sebab kerajaan sorga sudah dekat”?…….Padang gurun . (Mat. 3:1).
59.    Apakah nama kolam yang ada di Yerusalem dekat Pintu Gerbang Domba?  . . . . Betesda (Yoh 5:2).
60.    Berapakah umur Musa ketika ia menghadap Firaun untuk menunjukkan mukjizat yang diperintahkan agar bangsa Israel terbebas dari perbudakan?…..80 tahun. (Kel. 7:8).
61.    Apakah kewajiban yang harus dilakukan oleh suku Lewi sehubungan dengan uang tebusan yang harus diberikan sebagai persembahan kepada Tuhan?……..Mereka harus menebus dengan lima syikal perak (Bil 18: 16).
62.    Siapakah  tokoh yang dimaksud dengan kalimat “Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan Api?…..Yesus (Mat 3:11)
63.    Di dekat danau manakah Yesus memberi makan 5 ribu orang? . . . . . Tiberias (Yoh 6)
64.    Berapakah umur Harun ketika ia menghadap Firaun untuk menunjukkan mukjizat yang diperintahkan agar bangsa Israel terbebaslkan dari perbudakan?…….83 tahun (Kel. 7:7).
65.    Suku-suku Israel lainnya, tidak boleh melakukan pekerjaan di tempat ini. Hanya suku Lewilah yang harus melakukan pekerjaan di tempat ini dan mereka harus menanggung akibat kesalahan mereka. Tempat apakah yang dimaksud? . . . . . Kemah Pertemuan (Bil 18.22-23).
66.    Siapakah nama dua orang bersaudara yang berjumpa dengan Yesus waktu menyusur  danau Galilea?……Simon yang disebut Petrus dan Andreas (Mat 5:18)
67.    Siapakah yang mengatakan pada Yesus bahwa perkataan Yesus adalah perkataan hidup yang kekal dan bahwa Yesus adlah yang kudus dari Allah? . . . . Simon Petrus (Yoh 6:68)
68.    Sebutkan tulah pertama yang diberikan TUHAN  kepada bangsa Mesir karena Raja Firaun berkeras hati untuk tidak membebaskan bangsa Israel dari perbudakan!…..Air menjadi darah (Kel. 7:14).
69.    Berapa lama orang dianggap najis jika ia kena mayat? . . . . 7 hari (Bil 19:10).
70.    Kepada siapakah Yesus berkata “Mari ikutlah aku ,dan kamu  akan kujadikan penjala manusia”?……..Simon yang disebut Petrus dan Andreas (Mat 5:19)
71.    Berapakah jumlah pasal yang terdapat dalam Injil Yohanes?……………..21 Pasal.
72.    Sebutkan tulah kedua  yang diberikan TUHAN  kepada bangsa Mesir karena Raja Firaun berkeras hati untuk tidak membebaskan bangsa Israel dari perbudakan!…..Katak  (Kel. 8).
73.    Ketika orang tua-tua bangsa Israel mendapatkan kepenuhan Roh, sebelumnya mereka sebenarnya dipanggil untuk berdiri di sekelling kemah. Siapakah salah satu dari dua orang tua-tua yang tetap tinggal di tempat perkemahan, tapi tetap mendapatkan kepenuhan Roh? .  . .  . Eldad / Medad (Bil 11.24-26).
74.    Dari 12 murid Yesus, siapakah yang dahulu adalah pemungut cukai?  .  . Matius (Mat 10.3).
75.    Setelah Yesus meludah ke tanah dan mengaduk ludahnya dengan tanah, lalu mengoleskan pada mata orang buta, berkatalah Yesus supaya orang buta itu pergi membasuh diri di suatu kolam. Apa nama kolam itu? . . . . Siloam (Yoh 9.7).
76.    Sebutkan tulah ketiga yang diberikan TUHAN  kepada bangsa Mesir karena Raja Firaun berkeras hati untuk tidak membebaskan bangsa Israel dari perbudakan!…..Nyamuk  (Kel. 8:16).
77.    Dalam perjalanan bangsa Israel menuju tanah terjanji, mereka pernah melalui suatu tempat di mana orang-orang bernafsu rakus, dikuburkan. Apakah nama tempat tersebut? . . . . Kibrot-Taawa (Bil 11.34
78.    Kota-kota manakah yang pernah dikecam Yesus karena kota-kota itu tidak bertobat seklaipun di sana Yesus paling banyak melakukan mujizatNya? . . .   Korazim dan Betsaida ( Mat 11.21).
79.    Di manakah Lazarus tinggal? . . .  di Betania ( Yoh 11:1)
80.    Sebutkan tulah keempat  yang diberikan TUHAN  kepada bangsa Mesir karena Raja Firaun berkeras hati untuk tidak membebaskan bangsa Israel dari perbudakan!…..Lalat pikat  (Kel. 8:20).
81.    Karena Musa dan Harus tidak percaya kepada Tuhan, maka hukuman apakah yang ditimpakan kepada mereka? . . . . . . . tidak membawa jemaah masuk ke negeri yang diberikan Tuhan …….(Bil 20.12).
82.    Dalam penjelasan tentang perumpamaan tentang lalang di antra gandum, siapakah orang-orang yang menabur benih baik? . . . Anak manusia (Mat 13.37)
83.    Siapakah perempuan yang pernah meminyaki kaki Tuhan dengan minyak mur dan menyekanya dengan rambutnya? . . . . Maria (Yoh 11:2
84.    Sebutkan tulah kelima yang diberikan TUHAN  kepada bangsa Mesir karena Raja Firaun berkeras hati untuk tidak membebaskan bangsa Israel dari perbudakan!…..Penyakit Sampar pada ternak (Kel. 9).
85.    Di mata air manakah orang Israel bertengkar dengan Tuhan dan Tuhanpun menunjukkan kekudusanNya kepada mereka? . . . . Meriba (21.13).
86.    Dalam penjelasan tentang perumpamaan tentang lalang di antra gandum, siapakah musuh yang menaburkan bernih lalang? . .  . Iblis (Mat 13.39)
87.    Minyak apakah yang dipakai oleh Saudara Marta untuk meminyaki kaki Yesus? . . . . minyak narwastu murni (Yoh 12:3
88.    Sebutkan tulah keenam yang diberikan TUHAN  kepada bangsa Mesir karena Raja Firaun berkeras hati untuk tidak membebaskan bangsa Israel dari perbudakan!…..Barah (Kel. 9:8).
89.    Dari manakah Musa mengirim utusan kepada raja Edom untuk melalui negerinya? . . . . . . dari Kadesy (Bil 20.14).
90.    Dalam penjelasan tentang perumpamaan tentang lalang di antra gandum, apakah yang dimaksud dengan waktu menuai? . . .  . . akhir zaman (Mat 13.39)
91.    Siapakah murid yang memprotes peminyakan kaki Yesus dengan minyak yang mahal? . . . . Yudas Iskariot (Yoh 12:4-5
92.    Sebutkan tulah ketujuh yang diberikan TUHAN  kepada bangsa Mesir karena Raja Firaun berkeras hati untuk tidak membebaskan bangsa Israel dari perbudakan!…..Hujan es (Kel. 9:13).
93.    Siapakah ayah Eleazar? . . . . . Harun (Bl 20.25).
94.    Dalam penjelasan tentang perumpamaan tentang lalang di antara gandum, siapakah  para penuai itu? . . . . . malaikat (Mat 13.39).
95.    Darimanakah Filipus berasal? . . . . Betsaida (Yoh 12.22
96.    Sebutkan tulah kedelapan yang diberikan TUHAN  kepada bangsa Mesir karena Raja Firaun berkeras hati untuk tidak membebaskan bangsa Israel dari perbudakan!…..Belalang (Kel. 10).
97.    Di gunung manakah pakaian Harun ditanggalkan dan dikenakan kepada Eleazar? . .. . . di gunung Hor (Bil 20.25-26).
98.    Ketika Yesus membasuh kaki murid-muridNya, siapakah yang menyatakan kepadaNya bahwa Yesus tidak boleh membasuh kaki murid-Nya?. . . . . Simon Petrus (Yoh 13.8
99.    Penulis Kisah Para Rasul dalam kata pendahuluannya menyebutkan : “Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis . .  .” Buku apakah yang dimaksud penulis dengan bukuku yang pertama?  . . . . . . . . Injil Lukas
100.      Sebutkan tulah kesembilan yang diberikan TUHAN  kepada bangsa Mesir karena Raja Firaun berkeras hati untuk tidak membebaskan bangsa Israel dari perbudakan!…..Gelap gulita (Kel. 10:21).
101.      Di manakah Harun wafat? . . . . di puncak gunung Hor (Bil 20.29).
102.      Siapakah murid yang mengatakan bahwa ia akan memberi nyawanya bagi Yesus, padahal dialah yang menyangkal Yesus sebelum ayam berkokok 3 kali? . . . . Simon Petrus (Yoh 13.37-38
103.      Untuk dapat menerima kurnia Roh Kudus ada syaratnya. Apakah syarat itu? . .  . . Bertobat dan memberi diri dibaptis (Kis 2:38)

II. Sejarah Gereja

1.       Dalam  perkembangan iman awal akan Yesus Kristus, para Rasullah yang memberi kesaksian mengenai kebersamaan mereka dengan Yesus. Jumlah para Rasul ialah 12 orang. Tapi, ketika Yudas Iskariot mengkhianati Yesus, jumlah para Rasul berkurang. Siapakah yang membuat jumlah para Rasul kembali menjadi  12 orang?……..Matias. (Sej. Gerj. 7/2).
2.       Salah satu bukti perjalanan iman Kristiani bisa dilihat dalam Kisah Para Rasul. Dalam tulisan disana, dikatakan jumlah awal orang yang bertobat pada peristiwa Pentakosta. Berapakah jumlah orang yang bertobat pada waktu itu?…….3 ribu orang. ( Sej. Gerj. 8/2).
3.       Siapakah dari antara 12 rasul yang paling lama  hidup, dan  meninggal sebagai Uskup di Efese dengan umur  seratus tahun?…Yohanes.20/2
4.       Dalam penyebaran agama Kristen, orang berpendapat bahwa Rasul Andreas bertolak ke tempat orang-orang Skit,  Matias ke Etiopia, Bartolomeus ke India. Siapakah yang tetap tinggal di Yerusalem?….Yakobus.20/2
5.       Salah satu bentuk politik dalam mempersatukan bangsa-bangsa yang dijajahnya, bangsa Romawi memiliki  tempat dimana berdiri patung-patung agama Yunani-Romawi berdampingan dengan patung-patung agama Mesir dan Suria. Apakah nama tempat itu?…Panteon.23/1
6.       Apakah nama tempat  untuk penguburan, pengenangan para martir, dan tempat untuk perlindungan orang kristen awal  karena adanya penggrebekan?…..Katakombe. 24/1
7.       30 tahun sebelum pengejaran Nero terhadap orang Kristen, muncullah pengejaran baru yang lebih hebat sifatnya. Sang pengejar adalah seorang maharaja  yang menuntut supaya dirinya dipuja sebagai dewa. Siapakah nama maharaja itu?…..Domitianus.25/2
8.       Menurut riwayat kuno, siapakah kaisar yang menjadikan lambang XP (Khi-Roh) sebagai pataka pasukan yang dipimpinnya dan dengan lambang itu ia mengambil alih kekuasaan Romawi dari tangan kaisar-kaisar kafir?……….Constantinus.27/1
9.       Pedoman apakah yang dibuat pada sekitar abad kedua (dari tahun 112), dan menyebutkan bahwa polisi tidak harus mengejar orang Kristen ?…………reskrip Trainus.27/2
10.    Siapakah yang berpengaruh besar hingga muncul pengejaran terhadap orang-orang kristen secara sistematis?……Decius.29/2
11.    Siapakah yang memerintah untuk melakukan pengejaran terhadap orang Kristen pada tahun 303? ……. Maharaja Diocletianus. 29/2
12.    Pada tahun 313 di Milano, ditandatangani maklumat yang terkenal. Siapakah raja yang  menandatangani itu?….Constantinus Agung.29/2
13.    Iman Kristiani telah mengalami ujian yang begitu besar. Ada banyak pengejaran dan pertumpahan darah. Ini membuat orang menulis: Dalam Darah para Martir menjadi beni orang-orang Kristen. Siapakah penulis pernyataan itu?….Tertullianus.31/2
14.    Dalam perkembangan Gereja, sesudah Constantinus Agung memberikan keleluasaan agung pada gereja,  pada tahun 380 Gereja menjadi resmi. Siapakah  maharaja yang mengeluarkan dekrit untuk itu?……………Theodisius.34/2
15.    Siapakah yang selaku Uskup khusus bekerja untuk menyiarkan Injil ke daerah pedesaan Perancis Selatan dan tak terbilang banyaknya Gereja yang disebut dengan namanya?………..Santo Martinus dari Tours.35/2
16.    Dalam abad ke IV Gereja masuk daerah pedesaan. Padahal, para petani itulah yang sangat gigih mempertahankan agama kafir. Karena itu, perkataan “orang desa” atau “paganus” dalam bahasa Latin disamakan dengan istilah apa?……… orang kafir.35/2
17.    Dalan ajaran Arianisme, siapakah diantara Tritunggal yang dianggap sebagai benar-benar Allah?…..Bapa.39/1
18.    Kelompok/kaum apakah yang hanya mengikuti koderat ilahi dalam diri Kristus?…Monofisit.39
19.    Siapakah raja yang berusaha mendamaikan Arius dengan Uskup Alexander di Alexandria karena khawatir kerajaannya yang baru bersatu jadi berantakan?….Constantinus Agung.40/1
20.    Ketika usaha perdamaian antara Arius dengan Uskup Alexander tidak berhasil, maka dimanakah diusahakan Konsili umum pada tahun 325?…di Nicea.40/1
21.    Kata apakah yang mula-mula hanya  menunjuk pada kesatuan pemerintahan negara yang kebetulan sama wilayahnya dengan keuskupan?……Diosis.45/1
22.    Siapakah yang pada tahun 330 memproklamirkan Konstantinopel sebagai ibukota dan bukan Roma?……Constantinus.45/2
23.    Siapakah yang menciptakan abjad Gotis, menerjemahkan Injil dalam bahasa Gotis dan berarti menegakkan dasar Gereja Gotis menurut  ajaran Arius?…Ulfias.44/1
24.    Pada tahun 450 bangsa Huna melancarkan serangan ke pusat negeri Perancis yang sekarang. Siapakah Jenderal bangsa Romawi  yang berhasil mengusir  mereka ke seberang sungai Rijn?…Aetius.46/2
25.    Santo ini adalah pemelihara kesatuan antara Gereja di bagian Barat dan bagian Timur. Ketika orang Huna yang bernama Atilla mendekati  kota Roma, maka Santo inilah yang menghadapinya bersama kaum rohaniwan Roma, mengadakan perundingan dan kemungkinan dan mungkin mengancam orang yang masih percaya pada tahyul dengan hukuman Allah. Siapakah Santo yang dimaksud?….Leo Agung.46/1
26.    Di manakah orang-orang yang percaya kepada Kristus pertama kalinya disebut sebagai orang kristen? . . . . . . di Anthiokia
27.    Pada abad pertengahan, beberapa raja bangsa Jerman berusaha memaksakan Arianisme dengan kekerasan. Tapi, ada seorang raja Italia yang mencoba mengubah bangsa Ostrogot menjadi bangsa Romawi dan menempuh jalan kompromi dan hidup berdampingan  secara damai antara umat katolik dengan umat ajaran dari Arius. Siapakah raja yang dimaksud?…..Theodorik Agung.49/2
28.    Hingga kurang lebih tahun 500 bangsa  Frank merasa puas dengan daerah yang meliputi kira-kira Perancis Utara sekarang, Belgia dan daerah Rijn. Namun, dibawah pemerintahan seorang raja, mereka mulai memperluas kerajaan sampai menguasai seluruh Perancis, Belgia, Negeri Belanda Selatan dan daerah Jerman. Siapakah raja yang dimaksud?………Raja Clovis.50/1
29.    Ketika Raja Clovis masuk kristen, siapakah yang menerimanya?…..Santo Remigius, Uskup Reims.50/1
30.    Sama seperti bangsa Frank, saat raja dipermandikan maka bangsanya bertobat. Begitu juga dengan bangsa Burgundia. Raja mereka juga menjadi kristen. Siapakah nama raja yang diterima Santo Avitus ke dalam Gereja?….Sigismund.51/2
31.    Bertobatnya bangsa Visigot didahului oleh perang agama yang sangat sengit, akan tetapi menjelang tahun 590  terdapat seorang Santo  yang menyampaikan berita gembira kepada Paus Gregorius agung bahwa di Spanyolpun ajaran Arianisme sudah tamat riwayatnya. Siapakah nama  Santo yang dimaksud?……….Santo Leander.51/2
32.    Siapakah yang diangkat menduduki tahta keuskupan di Tours setelah mendirikan biara Marmoutier?….Martinus dari Tours.52/1
33.    Irlandia menerima iman dari seorang Santo, kira-kira pada tahun 450. Siapakah Santo yang berjasa itu?…St. Patrisius.52/1
34.    Siapakah Santo yang pada tahun 529 mendirikan biara yang nantinya menjadi pusat ordo Benedictin, di  Monte Cassino?……...Benediktus.54/2
35.    Siapakah yang meletakkan dasar aturan kehidupan membiara di dunia Barat?…..St.  Bennedictus.54/1
36.    Kehidupan biara dalam Gereja pada mulanya terjadi secara tidak teratur. Siapakah yang membuat aturan besar untuk hidup membiara (kira-kira thn 350) di dunia timur?……St. Basilius.54/1
37.    Kira-kira thn 560 mulailah masa misi Irlandia  dengan penyiaran agama di Skotlandia dan Inggris Utara. Siapakah orang yang melaksanakan karya misi ini?…..St. Columbus.56/2
38.    Sekitar tahun 590 Santo Columbanus tiba di Italia Utara dan mendirikan biara terkenal yang akhirnya menjadi pusat misi diantara bangsa Longobardia yang berpaham Arianisme. Apakah nama biara terkenal yang dibangunnya?….. Bobbio. 56/2
39.    Siapakah maharaja yang merebut kembali  Italia, Afrika Utara dan Spanyol Tenggara dari bangsa Jerman menjelang tahun 530?… Maharaja Agung Justianus.57/2
40.    Seseorang yang menjadi Paus pada tahun 590, adalah seorang Paus paling besar dari Abad pertengahan awal. Ia tidak hanya meletakkan dasar bagi yang kelak menjadi Pemerintah Kegerejaan, tetapi ia juga punya karya  di bidang pemeliharaan jiwa, liturgi dan musik, bahkan  muncul  musik yang disebut menurut namanya. Siapakah dia?……….Paus Gregorius Agung.58/1
41.    Dimanakah pusat organisasi Gereja Inggris pada tahun 673?……….Keuskupan Agung Canterbury.58/2
42.    Pada tahun 690 serombongan 12 orang Rahib dari Inggris mendarat di Katwijk (bagian Eropa Utara). Siapakah pemimpin rombongan itu yang juga membangun keuskupan-keuskupan pertama di Jerman, yang mendirikan biara-biara (diantaranya biara Fulda)?…..Willibrordus.58/2
43.    Sebutkan tulah kesepuluh yang diberikan TUHAN kepada bangsa Mesir karena Raja Firaun berkeras hati untuk tidak membebaskan bangsa Israel dari perbudakan!…..Kematian anak sulung  (Kel. 10:21).
44.    Sepeninggal Harun, berapa lamakah orang Israel menangisi Harun? . . . 30 hari (Bil 20.29).
45.    Setelah Yesus dibelenggu, kepada siapakah mula-mula Ia dibawa? . . . . Hanas (Yoh 18.12
46.    Siapakah nabi yang pertama kali menubuatkan munculnya penyelamat? . . .. Samuel (Kis 3:24)
47.    Apakah nama tali ikat pinggang panjang yang digunakan untuk mengikat jubah?……Singel.
48.    Apakah yang kita renungkan pada perhentian kelima dalam jalan salib?…...Yesus ditolong Simon dari Kirene.
49.    Siapakah Raja yang pada tahun 717 menahan serangan kaum muslimin yang menyerbu Konstantinopel dan dengan demikian terbendunglah ancaman langsung ke Eropa dari pintu gerbang sebelah timur selama kira-kira 7 abad?…..Raja Leo III.61/2
50.    Siapakah pejabat tinggi Perancis yang dalam tahun 732 telah membebaskan Eropa Barat dari ancaman Islam dalam pertempuran Poiters?….Karel Martel.62/1
51.    Pada tanggal 25 Januari Gereja memperingati apa?…….. bertobatnya Santu Paulus, Rasul.
52.    Dimanakah Misa pertama Paus Benedictus XVI dilaksanakan?………Di kapel  Sistina
53.    Apakah yang kita renungkan pada perhentian keempat dalam jalan salib?….Yesus berjumpa dengan ibunya.
54.    Suatu ajaran di Suriah yang menyatakan bahwa dalam Kristus bersatulah dua pribadi,yakni keallahan dan pribadi manusia, disebut ajaran………….Nestorianisme.63/1
55.    Gereja Mesir pernah hampir seluruhnya mendukung ajaran yang mengingkari kemanusiaan Kristus. Ajaran apakah itu?…Monofisisme.63/1
56.    Apakah lambang dari Injil Matius?………Manusia bersayap.
57.    Dipegunungan  Libanon ada bangsa yang tetap mempertahankan ajaran ortodoks turun-temurun sehingga negeri itu menjadi satu-satunya negeri Arab yang menganut ajaran Katolik. Bangsa apakah yang ada di pegunungan Libanon?…Bangsa Maronit.63/2
58.    Pada permulaan abad ke VIII pecahlah perang antara para pendukung fanatik lukisan dan penolakan lukisan. Raja Leo III adalah orang yang memelopori kaum iknoklas. Apa yang dimaksud dengan kaum Iknolas?…Kaum penghancur barang-barang suci.64/2
59.    Dalam masa pemerintahan Karel Agung (750-900), agama dan politik saling memberikan kebaikan. Maka gelar-gelar pemerintahan menunjukkan kemiripan. Di Aken, tempat sekretariat negara disebut dengan nama……Capella.78/1
60.    Rohaniwan yang mendapatkan jabatan pemerintahan di Aken disebut dengan……Capellanus.
61.    Siapakah Paus yang meresmikan bahwa pemilihan  Paus hanya ditentukan oleh Kardinal?….Nicholas II.89/1
62.    Praktek jahat, membeli atau menjual jabatan-jabatan Gerejani dikenal dengan istilah……Simoni. 90/1
63.    Siapakah yang pada tahun 1073 terpilih menjadi Paus dengan dukungan bergelora dari rakyat Romawi dan nama yang dipilihnya mengingatkan pada Gregoprius yang  pada  tahun 600 mengangkat kepausan menjadi kepemimpinan yang universal?……..Gregorius.89/2
64.    Ketika Raja Hendrik dan Paus Gregorius makin tidak bisa berdamai, terjadilah dimana para Uskup mengikuti  Hendrik. Gregorius dipecat dan diganti uskup agung dari Ravenna yang menjadi Paus bandingan. Apakah nama Paus bandingan itu?….Clemens III.91/2
65.    Siapakah nama Imam yang dibunuh di Kali, dan namanya diabadikan di suatu wisma Kateketik,  Lotta? . . . . . . . . . Lorenzo Gerallda
66.    Siapakah pengganti sah dari Paus Gregorius?………………Paus Urbanus II.92/2
67.    Apakah nama putera dari Hendrik IV?……….Konrad.92/2
68.    Ia seorang Paus yang lebih luwes daripada Gregorius. Ia mengadakan konkordat di Worms dengan Hendrik pada tahun 1122. Siapakah Paus yang dimaksud?……….Paus Callixtus II.93/1
69.    Dalam tahun 2004, siapakah kepala Perpustakaan Vatikan, yang turut bertanggung  jawab mengatur buku pada rak  buku sepanjang 30 mil? . . . . Dr. Ambrogio Piazzoni
70.    Raja siapakah dari Inggris yang menentang pentahbisan Innocentius atas Stephen Langton sebagai Uskup agung Canterbury?……Raja John.105/2-106/1
71.    Pada tahun 1145 seorang Rahib Cisterciensis dari biara Clairvaux dipilih menjadi Paus. Nama apakah  yang dipakainya?……..Eugenius III.106
72.    Siapakah pendiri ordo Kartusia pada tahun 1084?…………St. Bruno.108/1
73.    Suatu sintesis aliran Filsuf kuno  Aristoteles dengan pemikiran kristen disebut…..Skolastik.111/1
74.    Paham dimana terdapat dua kekuasaan yang terpisah, yakni kekuasaan kebaikan dan kekuasaan kejahatan, disebut……Manicheis kuno.111/1
75.    Apakah sebutan yang diperuntukkan untuk orang yang melakukan ajaran moral dalam Gereja Kathar, yakni tidak kawin, tidak makan daging dan melakukan askese berlebihan?…..Perfecti/para sempurna.111/2
76.    Badan Gereja yang diberi tugas mencari dan menghukum para penganut ajaran sesat ialah….Inkwisisi.112/1
77.    Setahun setelah ordo Dominikan didirikan oleh Dominikus pada thn 1225,  maka ordo Fransiskan diakui secara resmi oleh Siapa?…………Paus Innocentius III.115/1
78.    Siapakah Paus yang dalam  Konsili di Clermont  pada thn 1095 berseru kepada umat kristen di Barat agar supaya merebut kembali Tanah Suci, khususnya makam Kristus dari kekuasaan Islam?……..Paus Urbanus II.117/2

III. Pengetahuan Umum

1.       Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa terang ke-5? . . . . Yesus menetapkan Ekaristi
2.       Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa terang yang pertama? . . . . Yesus dibaptis di Sungai Yordan
3.       Karena iman kristiani  pertama punya latar belakang tradisi Yahudi, maka pada awal perjalanan Gereja, sebelum seseorang dipermandikan, apakah yang harus diperlakukan terhadapnya?…disunat.14/2
4.       Jika/seandainya tanggal 17 Agustus dirayakan sebagai Hari Raya Pentakosta, maka hari Minggu kedua  sesudah 17 Agustus dirayakan sebagai  . . . . Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus.
5.       Siapakah nama salah seorang yang pernah mengungkapkan kalimat bahwa “Aku  datang bukan untuk kesuksesan tetapi untuk menjadi setia”?………Mother Teressa.
6.       Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa terang yang ketiga? . . . . .Yesus mewartakan kerajaan Allah dan menyerukan pertobatan
7.       Apakah istilah untuk seorang komandan pasukan seratus tentara seperti jabatan dari Kornelius yang dipermandikan Petrus?…..Centurio.15/1
8.       Hari Jumat sesudah Pentakosta dirayakan sebagai perayaan apa? . . .    Hari Raya Hati Yesus yang Mahakudus
9.       Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa terang kedua? . . . . Yesus menyatakan dirinya dalam pesta pernikahan di Kana
10.    Siapakah yang digelar Kudus karena pengorbanannya menderita luka-luka Yesus? . . . . . . . Padre Pio
11.    Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa terang keempat? . . . Yesus menampakkan kemuliaanNya
12.    Pesta apakah yang diperingati setiap tanggal 6 Januari? . .. . Pesta Penampakan Tuhan/Pesta 3 Raja,/Epifani
13.    Sebutkan salah satu dari 3 bersaudara yang mengalami penampakan Bunda Maria di Fatima? . . . . Lucia, Fransisko dan Yashinta
14.    Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa gembira kedua? . . .  Maria mengunjungi Elisabet
15.    Pesta apakah yang diperingati setiap Minggu pertama sesudah Pesta Penampakan Tuhan? . . .. . . Pesta Pembaptisan Tuhan
16.    Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa gembira pertama?. . . . Maria menerima kabar dari malaikat Gabriel
17.    Setiap tanggal 1 Januari selain kita merayakan tahun baru, Gereja merayakan hari raya apa?…….Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah.
18.    Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa gembira keempat? . . . . . .Yesus dipersembahkan dalam bait Allah
19.    Pada tanggal 22 November Gereja merayakan apa?….Santa Sesilia, Perawan dan Martir.
20.    Apa yang direnungkan dalam peristiwa gembira ketiga? . . . Yesus dilahirkan di Betlehem
21.    Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa Mulia kelima?….Maria dimahkotai di surga.
22.    Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa gembira kelima?….Yesus diketemukan dalam bait Allah.
23.    Yayasan John Paul II telah menjangkau beberapa negara, salah satunya di Indonesia. Siapakah pimpinan Yayasan John Paul II di Indonesia? . . . . .  . ..  Jongky F. Januar
24.    Apa yang kita renungkan dalam peristiwa mulia kedua?…..Yesus naik ke Surga.
25.    Setelah  dipilih dan diumumkan secara resmi sebagai seorang paus, paus baru itu  (benedictus XVI) segera memberi berkat pertamanya. Apa  istilah berkat itu dan apa artinya? . . .   Urbi et Orbi artinya Untuk Kota dan Dunia
26.    Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa mulia pertama?…..Yesus bangkit dari antara orang mati.
27.    Berapakah kardinal yang mengikuti Konklaf pada tanggal 18 April 2005? . . . .115  kardinal
28.    Cincin yang dikenakan uskup melambangkan apa?…..Kesetiaan.
29.    Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa sedih keempat?…..Yesus memanggul Salib-Nya ke gunung Kalvari
30.    Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa sedih yang pertama?…..Yesus berdoa kepada Bapa-Nya dalam Sakratul maut.
31.    Siapakah juru bicara Vatikan saat mendiang Paus Yohanes Paulus II masih menjadi paus?  . . . . . . Dr. Joaqin  Navarro Valls
32.    Apakah yang kita renungkan dalam peristiwa sedih yang ketiga?….Yesus dimahkotai duri.
33.    Dimanakah tempat penyimpanan kain kafan yang memperlihatkan gambar wajah serta tubuh seseorang yang diyakini sebagai Yesus?……………di Turin Italia
34.    Apakah yang kita renungkan pada perhentian keempat belas dalam jalan Salib?……Yesus dimakamkan.
35.    Apakah yang kita renungkan pada perhentian yang ketigabelas dalam jalan salib?…..Yesus diturunkan dari Salib
36.    Seorang rohaniwan katolik dan penyair terkenal asal Yorkshire, Inggris menyatakan dalam salah satu puisinya: Vox Populi, vox Dei. Apakah artinya Vox Populi Vox Dei?………..Suara rakyat, suara Tuhan 
37.    Apakah  yang kita renungkan pada perhentian keduabelas dalam jalan salib?….Yesus mati di salib.
38.    Siapakah sekretaris pribadi mendiang Paus Yohanes Paulus II yang berasal dari Polandia? . . . .  . . Mgr. Kardinal Stanislaw Dziwis
39.    Apakah yang kita renungkan pada perhentian kesebelas dalam jalan salib?……Yesus disalibkan.
40.    Tanggal 29 Agustus Gereja memperingati apa?…..Peringatan kematian Yohanes Pembaptis.
41.    Siapakah sekretaris kuria Roma yang juga merupakan orang kedua setelah mendiang Paus Yohanes Paulus II di  Vatikan? . . . . . Mgr. Kardinal Angelo Sodano
42.    Apakah yang kita renungkan pada perhentian kesepuluh dalam jalan salib?…..Pakaian Yesus ditanggalkan.
43.    Apakah yang kita renungkan pada perhentian kesembilan dalam jalan Salib?….Yesus jatuh untuk ketiga kalinya.
44.    Seorang rohaniwan katolik dan penyair terkenal asal Yorkshire, Inggris menyatakan dalam salah satu puisinya: Vox Populi, vox Dei. Siapakah nama penyair tersebut? . . . . . Alcuin
45.    Apakah yang kita renungkan pada perhentian yang ke delapan dalam jalan salib?….Yesus menghibur perempuan-perempuan yang menangisi-Nya.
46.    Siapakah imam Yesuit yang menulis karya berjudul Yesus, Simbol Allah; hingga izin mengajarnya dicabut Vatikan pada 13 Desember 2004?. . . . . Pastor Roger  Haight, SJ
47.    Apakah yang kita renungkan pada perhentian ketujuh dalam jalan salib?….Yesus jatuh untuk kedua kalinya
48.    Apakah yang kita renungkan pada perhentian keenam dalam jalan salib?…..Wajah Yesus diusap oleh Veronika.

“DEO GRATIAS”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar